Analisis Rasa Ingin Tahu (Kuriositas) Belajar Peserta Ddidik Kelas VIII A Di SMP Negeri 01 Puger Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam PADA KURIKULUM MERDEKA

Aida, Tazkiah Arum (2023) Analisis Rasa Ingin Tahu (Kuriositas) Belajar Peserta Ddidik Kelas VIII A Di SMP Negeri 01 Puger Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam PADA KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AIDA TAZKIAH ARUM - T201910051.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK

Aida Tazkiah Arum, 2023 : Analisis Kuriositas Belajar Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 01 Puger Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci : Kurositas, Mapel IPA, Kurikulum Merdeka

Kuriositas atau rasa ingin tahu merupakan suatu pikiran dalam otak yang memunculkan rasa ingin tahu atau penasaran terhadap sesuatu hal baru, dan peserta didik beranggapan hal yang dipelajari adalah hal baru yang wajib dicari. Pada mapel IPA sikap ini harus muncul karena mapel IPA sangat berhubungan erat dengan kuriositas dimana mapel IPA merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah. Dengan proses belajar pada kurikulum terbaru yakni Kurikulum Merdeka yang telah dicetuskan oleh Kemendikbudristek yakni bapak Nadiem Makariem pada tahun 2022. Pembelajaran dengan model berdiferensiasi telah dilakukan SMP Negeri 1 Puger sejak ditetapkannya menjadi sekolah penggerak pada awal tahun ajaran baru yakni tahun 2022 hingga saat ini.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni, mendeskripsikan tingkat rasa ingin tahu kuriositas belajar peserta didik kelas VIII A dalam mapel IPA pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 01 Puger, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan beberapa teknik untuk pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk keabsahan data pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah, bahwa untuk tingkat kuriositas belajar peserta didik kelas VIII A dalam mapel IPA pada kurikulum merdeka di bedakan menjadi tiga yakni rendah, sedang dan tinggi, peserta didik yang memiliki kuriositas rendah memiliki skor 29, peserta didik yang memiliki kuriositas sedang memiliki skor 36 kuriositas dan peserta didik yang memiliki kuriositas tinggi memiliki skor 40. Kuriositas belajar peserta didik kelas VIII A dalam mapel IPA pada kurikulum merdeka jika dihitung secara klasikal memperoleh presentase yakni 71,53% dengan kategori cukup kuat dan presentase pada masing-masing indikator rasa ingin tahu adalah indikator pertama memiliki kategori cukup kuat dengan presentase 68% indikator kedua memiliki kategori kuat dengan presentase 75,83% indikator ketiga memiliki kategori kuat dengan presentase 75% indikator keempat memiliki kategori kuat dengan presentase 84,16% dan indikator kelima memiliki kategori cukup kuat dengan nilai presentase 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Aida Tazkiah Arum
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:16
Last Modified: 08 Jan 2024 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30760

Actions (login required)

View Item View Item