Upaya Tim Pendamping Keluarga (TPK) Dalam Pencegahan Stunting Sebagai Proses Pemberdayaan Masyarakat di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

Romlah, Siti (2023) Upaya Tim Pendamping Keluarga (TPK) Dalam Pencegahan Stunting Sebagai Proses Pemberdayaan Masyarakat di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI ROMLAH - D20182020 2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Romlah, 2023 : Tahapam-Tahapan Tim Pendamping Keluarga (Tpk) Dalam Pencegahan Stunting Sebagai Proses Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten JemberKata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Stunting, Tim Pendamping Keluarga (TPK) Stunting adalah gagal tumbuh dan berkembangnya anak 1000 hari dihitung dari bertemunya sel sperma dan sel telur sampai anak menginjak usia 2 tahun, anak tersebut dapat dibilang stunting apabila tidak mengalami perkembangan atau tinggi badan yang rendah. Angka stunting tertinggi di Kabupaten Jember terletak di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat yang disebabkan karena pola asuh orang tua yang salah dan tidak mau mengikuti arahan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) pada saat penyuluhan pencegahan terjadinya stunting. Tim Pendamping Keluarga (TPK) berupaya dalam mencegah stunting di desa dengan melakukan penyuluhan dan pendampingan pada ibu hamil yang dilakukan setiap bulan guna menurunkan angka stunting yang ada di Desa Kalisat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Upaya Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam mencegah stunting sebagai proses pemberdayaan masyarakat di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember? (2) bagaimana hasil Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam mencegah stuntingsebagai proses pemberdayaan masyarakat di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif, keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya Tim pelaksana Kegiatan dalam mencegah stunting di desa kalisat kecamatan kalisat menggunakan teori Proses Pemberdayaan, a. Tahap Penyadaran b. Tahap Penguatan c. Tahap evaluasi. (2) hasil Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam mencegah stunting di desa kalisat . a. dampak bagi masyarakat : semenjak adanya penyuluhan ibu dari anak stunting lebih memperhatikan pola asuh terhadap anaknya. b. ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK) : dengan rutin mengkonsumsi vitamin serta zat besi dan susu berat badan jadi lebih optimal dan mengalami perkembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miss Siti Romlah
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:03
Last Modified: 22 Dec 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30765

Actions (login required)

View Item View Item