ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA MATERI KALOR KELAS VII MTs BERDASARKAN TEORI POLYA

Adawiyah, Rabiatul (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA MATERI KALOR KELAS VII MTs BERDASARKAN TEORI POLYA. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rabiatul Adawiyah_T201910032_skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rabiatul Adawiyah_T201910032_skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan yang dialami oleh siswa saat menyelesaikan masalah fisika pada materi kalor berdasarkan teori Polya serta faktor penyebab kesalahan yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah fisika pada materi kalor berdasarkan teori polya, dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dialami siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di kelas VII C dan D, masing-masing kelas berjumlah 28 siswa yang diambil 3 siswa dengan kriteria siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kriteria tinggi dan rendah diambil dari kelas VII D, sedangkan kriteria sedang diambil dari kelas VII C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman, dan Saldana. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan pada tahap menyelesaikan rencana dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Faktor penyebab dari kesalahan siswa adalah siswa mengalami kesulitan dalam menghitung, siswa kurang memperhatikan satuan akhir, dan siswa tidak terbiasa dalam memeriksa kembali terhadap hasil yang sudah dikerjakan.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Masalah Fisika, Teori Polya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Rabiatul Adawiyah
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:34
Last Modified: 22 Dec 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30773

Actions (login required)

View Item View Item