Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Map berbasis Make A Match materi Negara ASEAN Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 8 Jember

Islamiyah, Intan (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Map berbasis Make A Match materi Negara ASEAN Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Intan Ma’rifatul Islamiyah, 2023: Pengembangan Media Puzzle Map berbasis Make A Match Materi negara ASEAN Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 8 Jember
Kata Kunci: Pengembangan,Puzzle Map, Make a Match, Pembelajaran IPS
Permasalahan di SMPN 8 Jember
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah:1. Sebagai penjelasan Prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Map Berbasis Make A Match pada Materi Negara ASEAN dalam Pembelajaran IPS SMP Negeri 8 JEMBER! 2. Untuk menjelaskan tingkat kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Map Berbasis Make A Match pada Materi Negara ASEAN dalam Pembelajaran IPS SMPNegeri 8 JEMBER! Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pengembangan R&D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket.
Hasil analisis data media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini mendapatkan perolehan skor presentase kevalidan dari para ahli diantaranya oleh ahli media mendapatkan skor presentase kevalidan sebesar 3,5, oleh ahli materi yaitu sebesar 4,5, oleh ahli bahasa 4,8 dan oleh ahli pembelajaran IPS yaitu sebesar 3,9. Serta berdasarkan hasil analisis angket respon peserta didik terhadap kemanfaatan penggunakan produk media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini memperoleh skor presentase sebesar 62,83 pada skala kecil dan 82,5 pada skala besar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dengan demikian dapat di nyatakan bahwasanya media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini dinyatakan Layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160404 Urban and Regional Studies (excl. Planning)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160499 Human Geography not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms. Intan Ma'rifatul Islamiyah
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:33
Last Modified: 22 Dec 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item