KEARIFAN LOKAL KAMPUNG PESILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE AJUNG KABUPATEN JEMBER 2017-2020 (Studi Kasus Interaksi Sosial antara Masyarakat dan Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate)

Taqwa, Zaka Kabar (2023) KEARIFAN LOKAL KAMPUNG PESILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE AJUNG KABUPATEN JEMBER 2017-2020 (Studi Kasus Interaksi Sosial antara Masyarakat dan Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate). Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAKA KABAR TAQWA_U20184040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zaka Kabar Taqwa. 2023. KEARIFAN LOKAL KAMPUNG PESILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE AJUNG KABUPATEN JEMBER 2017-2020 (Studi Kasus Interaksi Sosial antara Masyarakat dan Anggota Pesaudaraan Setia Hati Terate)
Pesaudaraan Setia Hati Terate adalah ajaran Pencak Silat Budaya asli dari Indonesia yang di didrikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 di Desa Pilangbango Madiun. Pencak Silat Pesaudaraan Setia Hati Terate sangat di kenal di Indonesia dikarenakan terbentuk dengan lingkup Organisasi yang bertujuan untuk mendidik manusia berbudi luhur tau benar dan salah dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa serta patuh kepada orang tua dan patuh kepada guru atau pelatih, dalam jalinan Persaudaraan Setia Hati Terate.
Dalam fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Sejarah dan perkembangan Kampung Pesilat Pesaudaraan Setia Hati Terate Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2). Bagaimana Interaksi Sosial Antara Masyarakat dan Anggota Pesaudaraan Setia Hati Terate di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menjelaskan Sejarah berdirinya Pesaudaraan Setia Hati Terate Kecamatan Ajung dan Desa Pancakarya Kecamatan Ajung kabupaten Jember. 2). Untuk menjelaskan bagaimana Interaksi Sosial Antara Masyarakat dan Anggota Pesaudaraan Setia Hati Terate di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung kabupaten Jember.
penelitian tersebut menggunakan metode penelitian Sejarah yaitu melalui tahapan-tahapan heuristik mengumpulkan data-data, wawancara, tulisan, dan dokumentasi, serta verivikasi kritik pada data dan Interpretasi, Historiografi.
Hasil pepnelitian menyimpulkan 1). Bahwasanya Sejarah awal mula PSHT masuk di Desa Pancakarya pada Tahun 2007 yang di pelopori oleh Kang Mas Sudaryanto, kang Mas Muhtaris, Mas Suyitno, Mas Huda, Mas Nasir, Mas Sentot Karyono, Mas Wahyud bertepat di Kantor Balai Desa Pancakarya. Sampai saat ini Pesaudaraan Setia Hati Terate Di desa Pancakarya berkembang dan keseluruhan Anggotanya mencapai sekitar 200 lebih anggota Pesaudaraan Setia Hati Terate sehingga terbentuknya Tugu Kampung PSHT yang di bangun oleh Anggota-Anggota PSHT pada tahun 2016-2017 di karenakan banyaknya Aggota PSHT di Desa Pancakarya tersebut. 2). Kearifan Lokal Pencak Silat PSHT yang mengajarkan Akhlak, saling menyapa, peduli Sosial, Salaman dan bertujuan mendidik manusia berbudi luhur tau benar dan salah serta bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa. dimana ajaran tersebut di terapkan oleh Anaggota PSHT untuk berinteraksi Sosial di Desa Pancakarya dan oleh sebab itu Masyarakat dan Anggota PSHT menjalin hubungan yang baik saling berinteraksi dengan baik dan hidup rukun, damai ,saling berhubungan Sosial yang dinamis Antara Masyarakat dan Anggota PSHT atau Masyarakat dengan Masyarakat setempat atau Anggota PSHT dengan Anggota PSHT lainnya.

Kata kunci: Sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Zaka kabar Taqwa
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:20
Last Modified: 22 Dec 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item