IMPLEMENTASI PRINSIP NUBUWWAH PADA PROSES PRODUKSI UMKM PUNDHY MANDIRI BAKERY DESA GLUNDENGAN KECAMATAN WULUHAN

Rosanti, Dea Nanda Imma (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP NUBUWWAH PADA PROSES PRODUKSI UMKM PUNDHY MANDIRI BAKERY DESA GLUNDENGAN KECAMATAN WULUHAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DEA NANDA FINISH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pundhy Mandiri Bakery adalah industri rumah tangga yang menawarkan berbagai macam kue dan roti dengan rasa khasnya, sehingga para pelanggan memilih produk ini meskipun ada produsen lain seperti Kue Q dan Rizky Bakery, namun produsen tersebut sudah tidak eksis lagi karena sepinya pelanggan. Pundhy Mandiri Bakery memproduksi 250-300 roti per hari, menghasilkan pendapatan harian antara 200-290 ribu rupiah. Pendapatan tiap bulan tidak menentu dipengaruhi jumlah pesanan. Prinsip Nubuwwwah merupakan sifat wajib Rasul yang menjadi panutan setiap umat muslim termasuk salah satunya dalam aktivitas ekonomi. Melihat kesuksesan pelaku usaha tersebut, Bagaimana prinsip Nubuwwah dalam proses produksi suatu usaha, maka dari hal itu menarik untuk diteliti.

Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Proses Produksi UMKM Pundhy Mandiri Bakery Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan? 2) Bagaimana Implementasi Prinsip Nubuwwah pada UMKM Pundhy Mandiri Bakery Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Proses produksi UMKM Pundhy Mandiri Bakery Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan. 2) Mendeskripsikan Implementasi Prinsip Nubuwwah pada UMKM Pundhy Mandiri Bakery Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses produksi UMKM Pundhy Mandiri Bakery Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan dilakukan dengan menambah nilai guna produksi yaitu guna bentuk, guna jasa, guna tempat, guna waktu dan guna milik. Proses produksinya juga sudah melibatkan semua faktor-faktor produksi yaitu faktor tanah/alam, faktor tenaga kerja, faktor modal, dan manajemen (manajerial skill). Tujuan produksi dalam Islam belum terlaksana sempurna karena Pundhy Mandiri Bakery belum mengadakan kegiatan sosial. Nilai-nilai Islam juga diterapkan dalam proses produksi Pundhy Mandiri Bakery. 2) Implementasi prinsip nubuwwah pada proses produksi UMKM Pundhy Mandiri Bakery Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan. Ke empat nilai yaitu siddiq, amanah, tabligh, dan fathanah tersebut memang sudah diterapkan, tetapi dalam penerapan sifat siddiq masih ada yang perlu diperbaiki yaitu terletak pada penggunaan bahan-bahan karena ada bahan yang belum tersertifikasi. Dalam sifat fathanah sudah dilakukan tetapi belum sempurna karena produksi roti yang cenderung monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Dea Nanda Imma Rosanti
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:04
Last Modified: 22 Dec 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30785

Actions (login required)

View Item View Item