Manajemen Kesiswaan Dalam Kegiatan Keagamaaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Rambipuji

Qomariah, Ayu (2023) Manajemen Kesiswaan Dalam Kegiatan Keagamaaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI AYU FIKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ayu Qomariah, 2023: Manajemen Kesiswaan Dalam Kegiatan Keagamaan Di
SMP Negeri 03 Rambipuji
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kegiatan Keagamaan Di SMP Negeri 03 Rambipuji
Manajemen kesiswaan memiliki peran penting dalam lembaga pendidikan yaitu mengatur kegiatan kesiswaan agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar, tertib, dan teratur sehingga memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kesiswaan dalam perencanaan siswa di SMP Negeri 03 Rambipuji? 2) Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung manajemen kesiswaan di SMP Negeri 03 Rambipuji?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam perencanaan siswa di SMP Negeri 03 Rambipuji 3) Mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung manajemen kesiswaan di SMP Negeri 03 Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: 1) Triangulasi sumber 2) Triangulasi teknik,
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Manajemen kesiswaan di SMP Negeri 03 Rambipuji yang dilakukan kepala sekolah dalam hal mengatur dan pendataan terhadap seluruh kegiatan yang berkaitan dengan siswa. Manajemen kesiswaan dalam perencanaan siswa di SMP Negeri 03 Rambipuji meliputi beberapa aspek yaitu: Analisis kebutuhan siswa, Rekrutmen siswa, Seleksi siswa, Orientasi siswa, Penempatan siswa, Pembinaan dan Pengembangan siswa. 2) Beberapa faktor yang dapat menghambat dan mendukung manajemen kesiswaan dalam pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 03 Rambipuji meliputi: Faktor Lingkungan Sekolah, Faktor orang tua/keluarga, dan juga Faktor siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Ayu Qomariah
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:53
Last Modified: 22 Dec 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30789

Actions (login required)

View Item View Item