PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 7 JEMBER

Fyramadani, Tasya Firdausi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 7 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TASYA FIRDAUSI FYRAMADANI_T201910020.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK
Tasya Firdausi Fyramadani, 2023 : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Video Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 7 Jember.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Youtube, Kemampuan Berpikir Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap mata Pelajaran IPA pada kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta pembelajaran yang masih menggunakan metode lama, yaitu model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas atau pekerjaan rumah. Siswa cenderung pasif dan hanya menerima materi yang diberikan oleh guru. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan media pembelajaran IPA berbasis video Youtube. Dengan video pembelajaran berbasis Youtube dapat menyajikan sesutau yang dapat dilihat dan didengar sehingga memotivasi siswa untuk belajar dan memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Youtube sebagai media pembelajaran juga dapat menstimulus siswa menjadi lebih aktif dan dapat memberikan tambahan ilmu dan wawasan.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran IPA berbasis video Youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 7 Jember?. (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA berbasis video Youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 7 Jember?. Tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran IPA berbasis video Youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA berbasis video Youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. kelas VIII SMP Negeri 7 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Independent Sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Youtube dalam pembelajaran efektif dan memudahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibuktikan dengan keaktifan dan hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. (2) Adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA berbasis video Youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-test pada hasil kemampuan berpikir krirtis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jember dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Tasya Firdausi Fyramadani
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:13
Last Modified: 22 Dec 2023 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30792

Actions (login required)

View Item View Item