Analisis Akuntansi Penjualan Rumah Tunai dan Kredit Pada PT Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember

Rosikin, Diki (2023) Analisis Akuntansi Penjualan Rumah Tunai dan Kredit Pada PT Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW SKRIPSI WATERMAKS DIKI ROSIKIN PRINT ACC.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Diki Rosikin, M.F Hidayatullah: Analisis Akuntansi Penjualan Rumah Tunai Dan Kredit Pada PT Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember.

Kata kunci: Akuntansi Penjualan, Tunai dan Kredit, Kredit Pemilikan Rumah.

Penjualan unit rumah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu tunai dan kredit. Seseorang dapat membeli unit rumah secara tunai apabila orang terebut memiliki cukup uang yang nilainya sama dengan harga rumah tersebut. Namun, seiring pekembangan zaman dimana semakin sulitnya keadaan ekonomi masyarakat serta banyaknya tuntutan kebutuhan yang harus terpenuhi maka pembelian unit rumah secara tunai semakin sulit dialakukan, terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan hal tersebut, maka pembelian unit rumah secara kredit (KPR) Kredit Pemilikan Rumah menjadi alterlatif pilihan unutk bisa dapat membeli unit rumah bagi masyarakat. Real estate atau pengembang perumahan membangun rumah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian yang nyaman.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses penjualan rumah tunai dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada PT. Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember? 2) Bagaimana akuntansi penjualan unit rumah secara tunai dan kredit pada PT. Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Bagaimana proses penjualan rumah tunai dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada PT. Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember. 2) Untuk mengetahui akuntansi penjualan unit rumah secara tunai dan kredit pada PT. Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, peneletian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap narasumber. Meskipun data sekunder diperoleh dari berbagai sumber dokumenter yang relevan, namun data yang disajikan merupakan data yang kredibel.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Ada tiga jenis metode penjualan tunai dan aplikasi kredit untuk membeli rumah pada PT. Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember, dalam penjualan tunai dengan cara bertahap atau cash tempo dan cash keras. Sedangkan di sisi kredit, penjualan secara kredit melibatkan perbankan melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR); 2) Sistem akuntansi penjualan unit rumah secara tunai dan kredit pada PT. Kharisma Karya Raya Sentosa Ajung Jember penggunaan legalitas yang disiapkan oleh developer sudah selesai, dari akte, imb, pajak sudah dibayar, developer sudah menyelesaikan penjualan rumah ke klien baik secara tunai, cash keras maupun secara bertahap serta melalui sistem kredit pada bank yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: SKRIPSI DIKI ROSIKIN
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:49
Last Modified: 22 Dec 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30808

Actions (login required)

View Item View Item