IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI MAN 1 PROBOLINGGO

Nur, Kemalah (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI MAN 1 PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi mala watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sekolah adalah salah satu tempat dimana kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan melalui perantara guru. Sekolah tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyalurkan ilmu pengetahuan namun sebagai tempat membangun karakter penerus bangsa. Sekolah sering kali menanamkan nilai-nilai moral namun sebatas pengetahuan belum dapat di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan lingkungan hidup menjadi salah satu faktor yang penting dalam keberhasilan menjaga dan mengelola sumber daya alam. Salah satu pendidikan lingkungan hidup yang dapat menanamkan sikap menjaga dan mengelola sumber daya alam yaitu program Adiwiyata. Program Adiwiyata yaitu kegiatan yang diciptakan oleh Menteri Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Menteri Pendidikan dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran peduli dalam mengelola lingkungan di lembaga pendidikan, adanya program Adiwiyata dapat meningkatkan rasa sikap peduli terhadap lingkungan khususnya di lingkungan sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan program Adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo?, 2) Bagaimana pelaksanaan program Adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo?, 3) Bagaimana implikasi program Adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan program Adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program Adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo. 3) Mendeskripsikan implikasi program Adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Subyek penelitian pada penelitian ini yaitu ketua tim adiwiyata, sekretaris tim adiwiyata, guru biologi dan siswa. Teknik penentuan subyek peneltian yaitu menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) MAN 1 Probolinggo telah melakukan perencanaan Adiwiyata yang meliputi kompetensi adiwiyata yaitu Kebijakan berwawasan lingkungan, Kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan partisipatif, pengelolaan sarana dan prasaran ramah lingkungan (2) MAN 1 Probolinggo telah melaksanakan program Adiwiyata dengan melakukan pendidikam lingkungan hidup, kegiatan partisipatif lingkungan dan sarana prasarana ramah lingkungan (3) Implikasi program adiwiyata dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 1 Probolinggo diantaranya siswa sudah memanfaatkan air dengan semestinya, mematikan listrik ketika tidak digunakan, sudah memilah sampah serta mengelola nya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060110 Receptors and Membrane Biology
Depositing User: Nn Nur Kemalah
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:31
Last Modified: 22 Dec 2023 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30811

Actions (login required)

View Item View Item