Analisis SWOT Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas X Berdasarkan Kurikulum Merdeka Di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo

Amalia, Widyanti (2023) Analisis SWOT Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas X Berdasarkan Kurikulum Merdeka Di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Skripsi yantii watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Widyanti Amalia, 2023: Analis SWOT Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas X Berdasarkan Kurikulum Merdeka Di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Pembelajaran biologi, Kurikulum merdeka
Penerapan pelaksanaan pembelajaran biologi berdasarkan kurikulum merdeka tidak selalu berjalan dengan lancar. Tidak dapat dipungkiri dalam penerapannya memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada setiap pelaksanaanya. Adanya kekuatan dan peluang ini merupakan suatu kelebihan yang harus dipertahankan, sedangkan adanya kelemahan dan ancaman merupakan suatu kekurangan yang perlu diperhatikan dan diminimalisirkan.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis SWOT pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum merdeka di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo?; 2) Bagaimana upaya guru dan siswa dalam mengelola kekuatan dan peluang pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum merdeka di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo?; 3) Bagaimana upaya guru dan siswa dalam mengatasi kelemahan serta ancaman pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum merdeka di MA Misbahul Fata Banyuanyar probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan analisis SWOT pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdsarkan kurikulum merdeka di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo; 2) Menguraikan upaya guru dan siswa dalam mengelola kekuatan dan peluang pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum merdeka di MA Misbahul Fata Banyuanyar Probolinggo; 3) Menguraikan upaya guru dan siswa dalam mengatasi kelemahan serta ancaman pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X berdasarkan kurikulum merdeka di MA Misbahul Fata Banyuanyar probolinggo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuannya agar dapat menguraikan hasil analisis dengan detail. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor SWOT dalam pelaksanaan pembelajaran biologi kurikulum merdeka yang dirumuskan S-O, W-O, S-T, dan W-T merupakan alternatif strategi yang dapat digunakan guru biologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih baik lagi; 2) Upaya guru dan siswa mengelola kekuatan dan peluang dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu selalu menjaga situasi kelas agar kondusif, diskusi siswa, belajar mandiri siswa; 3) Upaya guru dan siswa mengatasi kelemahan dan ancaman yaitu memberikan perhatian khusus bagi siswa dengan tingkat pemahaman yang kurang, memperbaiki kualitas SDM guru, mencari alternatif lain sebagai pengganti kurangnya sarana prasarana dan fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nn Widyanti Amalia
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:54
Last Modified: 22 Dec 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30816

Actions (login required)

View Item View Item