Analisis Sistem Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam Pada BPR Syariah Situbondo

Ahmad, Sofyan Wanandi (2023) Analisis Sistem Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam Pada BPR Syariah Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SOFYAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Ahmad Sofyan Wanandi, Nurhidayat, S.E., M.M. 2023: Analisis Sistem Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam pada BPR Syariah Situbondo

Kata Kunci: Rekrutmen, Seleksi Karyawan, Perspektif Islam

Penelitian ini dilatar belakangi dari pentingnya peranan proses rekrutmen karyawan untuk kemajuan organisasi bank syariah dan merupakan aset terpenting bagi perusahaan karena perannya sebagai subjek pelaksana kebijakan dan kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Berdasarkan Perspektif Islam pada BPR Syariah Situbondo.

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, Informan dalam penelitian ini adalah Branch Manager BPR Syariah Situbondo, Consumer Business Relationship Manager, Consumer Business Relationship Staff BPR Syariah Situbondo, Serta beberapa karyawan BPR Syariah Situbondo.

Hasil penelitian menunjukkan: 1. Proses perencanaan dan implementasi rekrutmen dan seleksi karyawan di BPRS Situbondo kantor kas Besuki sudah sesuai dengan prosedur rekrutmen yang berlaku di lembaga-lembaga keuangan berdasarkan teori Wilson Bangun. Tidak hanya itu BPRS Situbondo juga berfokus pada pengembangan keahlian karyawan dan calon karyawan dan juga mempertimbangkan aspek spiritual berdasarkan perintah Al-Quran dan Al-Hadits, seperti kepribadiannya berupa jujur, tanggung jawab, amanah, dan cerdas. 2. Kendala kendala yang sering di temukan saat proses rekrutmen dan seleksi karyawan pada BPRS Situbondo diantaranya adalah pemilihan kandidat yang begitu terbatas dan yang paling berpengaruh adalah citra perusahaan yang berkembang dimasyarakat masih kalah dengan perbankan umum lain nya. Maka dari itu pemetaan kendala dan solusi dari proses rekrutmen dan seleksi karyawan digunakan sebagai media evaluasi tenaga kerja yang akan berdampak pada perkembangan BPRS Situbondo kantor kas Besuki.

Penelitian ini di harapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan kepada instansi dalam memberikan suatu pengukuran atau penilaian terkait dengan analisis kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi karyawan yang di laksanakan di BPR Syariah, dalam rangka meningkatkan kualitas SDI BPR Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ahmad Sofyan Wanandi
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:33
Last Modified: 22 Dec 2023 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30819

Actions (login required)

View Item View Item