Analisis Semiotika John Fiske terhaap Film Ghibah Karya Riza Pahlevi

Aini, Qurrotul (2023) Analisis Semiotika John Fiske terhaap Film Ghibah Karya Riza Pahlevi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QURROTUL AINI_D20292037.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Qurrotul Aini,2023: Analisis Semiotika John Fiske Terhadap Film Ghibah Karya Riza Pahlevi
Kata kunci: Semiotika John Fiske, Film
Ghibah yang sudah menjadi hal yang sangat biasa untuk dilakukan di setiap harinya khususnya pada masyarakat muslim yang seharusnya hal tersebut tidak dilakukan oleh umat muslim. Perilaku ghibah dilarang oleh agama Islam karena dapat menciptakan ketidakharmonisan antar individu. Perilaku tersebut dikemas dalam film yang berjudul “Ghibah” untuk dijadikan pembelajaran dalam kehidupan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tanda realitas ghibah dan komunikasi Islam dalam film Ghibah karya Riza Pahlevi? 2) Bagaimana tanda representasi ghibah dan komunikasi Islam pada film Ghibah karya Riza Pahlevi? 3) Apa saja ideologi yang ada pada film Ghibah karya Riza Pahlevi? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui tanda realitas ghibah dan komunikasi Islam dalam film Ghibah karya Riza Pahlevi. 2) Untuk mengetahui tanda representasi ghibah dan komunikasi Islam pada film Ghibah karya Riza Pahlevi. 3) Untuk mengetahui ideologi yang ada pada film Ghibah karya Riza Pahlevi.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan model semiotika John Fiske dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pada film “Ghibah” ditemukan realitas ghibah dengan Level realitas yang ditunjukkan melalui kode penampilan, kode gerakan, kode lingkungan dan kode ekspresi, Kode representasi berupa close up, long shoot, medium shot, medium close up, ekstreme close up, big close up dan selective focus pada film sehingga dapat merepresentasikan sebuah perilaku ghibah. Ideologi pada film Ghibah yang dihasilkan dari realitas dan representasi mengandung beberapa ideologi, diantaranya ada ideologi patriarki, ideologi individualisme, ideologi humanisme dan ideologi liberalisme. Selain itu juga mengandung prinsip komunikasi Islam yaitu Qoulan Sadida (benar, tidak berdusta), Qaulan ma`rufa kata-kata yang baik dan sopan), Qaulan karima (hormat, respek), Qoulan layyina (lemah lembut), Qaulan maysura (mudah mengerti), dan Qaulan baligha (efektif, tepat sasaran).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Qurrotul Aini
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:56
Last Modified: 22 Dec 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30823

Actions (login required)

View Item View Item