PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL-ISHLAH LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Lestari, Happy (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL-ISHLAH LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI HAPPY NOVA FIKS 33.pdf

Download (4MB)

Abstract

Happy Nova Lestari, 2023 : Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Ishlah Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Mapping, Berfikir Kritis. Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di MTs Al-Ishlah Lumajang , terdapat proses pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Pembelajaran yang sering dilakukan hanya bersifat konfensional tanpa bantuan media yang mengakibatkan peserta didik bosan, jenuh sering mengantuk sehingga minat dalam berfikir kritis menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Mind Mapping kelas VII A di MTs Al-Ishlah Lumajang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada mata Pelajaran IPS di MTs Al-Ishlah Lumajang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan berfikir kritis siswa IPS kelas VII A di MTs Al-Ishlah Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang berlangsung dalam 3 siklus. Tempat penelitian ini kelas VII A di MTs Al-Ishlah Lumajang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes berfikir kritis siswa.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping efektif dalam meningkatkan berfikir kritis siswa IPS. Hasil penelitian ini pada siklus I hasil observasi aktivitas peserta didik 65% meningkat menjadi 85% pada siklus II dan 95% dalam kategori sangat baik pada siklus III. Hasil perolehan observasi aktivitas guru peserta didik pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata rata 61,66% dan pada pertemuan ke II memperoleh nilai 71,66%. Pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai 68,33% dan pertemuan II memperoleh meningkat menjadi nilai 76,66% Pada siklus III meningkat kembali pertemuan I nilai 76,66% dan pertemuan ke II menjadi 86,66% dalam kategori tinggi. Hasil observasi berfikir kritis peserta didik pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan klasikal 47,61% pada siklus II meningkat menjadi nilai 61.90%. Pada siklus III meningkat kembali dengan nilai ketuntasan klasikal 85,71% dalam kategori sangat baik. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya perbaikan disetiap siklusnya, pada siklus III peserta didik sudah memanfaatkan model pembelajaran Mind Mapping sehingga poses pembelajaran berjalan dengan efektif serta peserta didik sudah aktif dalam proses pembelajara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan berfikir kritis siswa IPS kelas VII A di MTs AL-Ishlah Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Berfikir Kritis
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Happy Nova Lestari
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:03
Last Modified: 22 Dec 2023 09:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30827

Actions (login required)

View Item View Item