Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasana Nasabah Produk Tabungan Simpanan Pelajar di BPR Syariah Situbondo

Achmad, Ramadhani Hasan (2023) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasana Nasabah Produk Tabungan Simpanan Pelajar di BPR Syariah Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD RAMADHANI ACC.pdf

Download (2MB)

Abstract

Achmad Ramadhani Hasan, Moh Haris Balady, S.E., M.M 2023: “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Tabungan Simpanan Pelajar di BPRS Situbondo”
Semakin berkembangnya dunia perbankan, setiap bank berusaha untuk menarik nasabah sebanyak-banyaknya dengan meningkatkan kualitas dalam hal pelayanan, door prize dan penggunaan teknologi yang terus berkembang. Persaingan yang ketat dan munculnya lembaga keuangan baru yang sejenis menuntut perusahaan khususnya perbankan untuk berusaha mempertahankan pangsa pasar terutama dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Peneliti merumuskan masalah menjadi 4 bagian. 1) Apakah Produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah? 2) Apakah promosi berpengaruh terhadap kepusan nasabah? 3) Apakah harga berpengaruh terhadap kepuasan nasabah? 4) Apakah tempat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah ?
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Mengetahui pengaruh produk terhadap kepuasan Nasabah nasabah, 2) Mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan nasabah , 3) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan nasabah, 4) Mengetahui pengaruh tempat terhadap kepuasan nasabah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data primer menggunakan kuesioner, sampel dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Hipotesis, Uji T (parsial), Uji F (simultan), Uji R2 dan Analisis Regresi Linier Berganda. Proses pengolahan data menggunakan SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk (X1) dan tempat (X4) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan untuk Promosi (X2), dan Harga (X3) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan untuk secara simultan produk, promosi, harga, tempat dan proses berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Situbondo. Sehingga dapat diartikan bahwa strategi pemasaran terutama variabel promosi, harga dan proses lebih ditingkatkan lagi guna untuk mempengaruhi kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150309 Logistics and Supply Chain Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Achmad Ramadhani Hasan
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:34
Last Modified: 22 Dec 2023 09:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30831

Actions (login required)

View Item View Item