Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kaligrafi Di SMP Plus Darus Sholah Jember

Zalman alfarisi, Zalman (2023) Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kaligrafi Di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SALMAN watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

SMP Plus Darus Sholah Jember merupakan salah satu SMP percontohan Nasional di Indonesia. Predikat ini diproleh ole SMP plus Darus Sholah Jember berdasarkan pada prestasi-prestasi yang telah diraih, khususnya bidang ekstrakurikuler kaligrafi. Meskipun SMP Plus Darus Sholah Jember memiliki keterbatasan tenaga pengajar, anggaran serta sarana dan prasarana, namun hal ini tidak menghalangi untuk terus meraih berbagai prestasi dan terus melakukan pengembangan dalam bidang ekstrakurikuler kaligrafi. Penelitian ini memiliki 4 fokus yakni (1) bagaimana perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi (2) bagaimana pengorganisasian manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi (3) bagaiamana pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi (4) bagaimana evaluasi manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualtiatif model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpuilan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi tekhnik dan sumber.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kaligrafi dilakukan pada awal tahun waktu ajaran baru serta mengadakan seleksi peserta didik dan pendidik/mentor. (2) Pengorganisasian Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kaligrafi sudah terorganisasi dan terstruktur didalam ekstrakurukuler kaligrafi yang terdiri dari kepala sekolah, yayasan, Waka Kesiswaan, ketua ekstrakurikuler, sekertaris ekstrakurikuler serta anggota ekstrakurikuler. (3) Pelaksanaan Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler kaligrafi dilaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler setiap hari sabtu setelah proses belajar mengajar, serta acara khusus yang diadakan oelh yayasan dan waktu akan mengikuti kompetisi serta untuk pelaksanaan mentukan kelas peserta didik. (4) Evalusasi Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kaligrafi dilakukan setiap bulan dan setelah mengikuti kompetisi serta evaluasi pendidik dengan melihat kinerja pendidik dengan melihat hasil laporan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email salmanalfarisiii46@gmail.com
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:18
Last Modified: 27 Dec 2023 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30839

Actions (login required)

View Item View Item