Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah Terhadap Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam (1961-2019)

Firmansyah, Hafid (2023) Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah Terhadap Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam (1961-2019). Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HARD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hafid Firmansyah. 2023. Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Taqmiliyah Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah Terhadap Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam (1961-2019)
Madrasah Diniyah Taqmiliyah merupakan salah satu ujung tombak atau lembaga pendidikan yang menjadi icon khusus di suatu lembaga pendidikan Pondok Pesantren. Di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah yang lahir pada tahun 1922 yang kemudian diresmikan oleh pemerintah Belanda pada Tahun 1925 sebagai tempat perkumpulan untuk melaksanakan kegiatan sembahyang berjamaah juga mempunyai Madrasah Diniyah Taqmiliyah. Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah berdiri pada tahun 1961 yang kemudian pada tahun 1990 Madrasah Diniyah Taqmiliyah dibagi menjadi 2 yakni Madrasah Diniyah Malam dan juga Madrasah Diniyah Siang. Maka kemudian dari sepanjang berdirinya hingga tahun 2019 Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah ini pasti mempunyai dinamika baik terkait tentang sistem atau proses pembelajaranya dan juga pasti sangat berperan terhadap masyarakat dan juga pengembangan pendidikan agama Islam.
Fokus penelitian ini yakni: (1). Bagaimana sejarah Sistem Pendidikan Islam di Indonesia? (2). Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah dan sejarah berdirinya serta perkembangan Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah? (3). Bagaimana peran Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah terhadap Masyarakat dan pendidikan Agama Islam?.
Tujuan dari penelitian ini yakni: (1). Untuk mengetahui sejarah Sistem Pendidikan Islam di Indonesia. (2). Untuk mengetahui sejarah berdirinya Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah dan sejarah serta perkembangan Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah. (3). Untuk mengetahui peran Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah terhadap Masyarkat dan Pendidikan Agama Islam.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori perubahan sosial Emile Durkheim, dan pendekatan historis sosialis field research dengan cara wawancara diberbagai sumber yang bersangkutan dengan permasalahan skripsi ini. Selain itu juga menggunakan sumber data arsip dari pemerintahan kolonial berupa SK pendirian masjid sebagai awal mula dari berdirinya Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwasanya Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah didirikan pada tahun 1922 oleh KH. Imam Bukhori yang kemudian diresmikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1925 melalui SK perizinan yang ditanda tangani oleh Patih Afdeling. Kemudian pada tahun 1961, di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah berdiri suatu lembaga pendidikan agama Islam yaitu Madrasah Diniyah Taqmiliyah. Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah ini menggunakan sistem pembelajaran tradisional hingga sekarang. Kemudian pada tahun 1990 Madrasah Diniyah Taqmiliyah ini dibagi menjadi 2 yakni Madrasah Diniyah Malam dan juga Madrasah Diniyah Siang. Selain itu juga, mulai awal berdiri hingga saat ini Madrasah Diniyah Taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah sangat berperan penting dalam masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang ada didalamnya guna untuk memperdalam ilmu agama Islam bagi masyarakat sekitar selain itu juga Madrasah Diniyah taqmiliyah Nahdlatuth Thalabah berperan untuk mengembangkan pendidikann agama Islam ditengah-tengah masyarakat.
Kata Kunci:Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah, Madrasah Diniyah Taqmiliyah, Peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Hafid Firmansyah
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:37
Last Modified: 22 Dec 2023 09:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30840

Actions (login required)

View Item View Item