Strategi Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 03 Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023

Nuraini, Mufidatul (2023) Strategi Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 03 Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
revisi skripsi Vida .pdf

Download (8MB)

Abstract

Mufidatul Nuraini,2023: Strategi Guru IPS Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 03 Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023.
Didalam lingkungan sekolah terdapat berbagai jenis perilaku siswa yaitu ada perilaku positif dan juga ada yang negatif.contoh perilaku negatif yang sering terjadi di sekolah yaitu bullying. Oleh karena itu guru mempunyai startegi yang digunakan sebagai tolak ukur dari keberhasilan guru dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Negeri 03 Ambulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi Guru IPS Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 03 Ambulu (2) Bentuk Bullying di SMP Negeri 03 Ambulu (3) Faktor Penyebab Terjadinya Bullying di SMP Negeri 03 Ambulu.
Penggunaan metode penelitian dilihat dari jenis penelitiannya yakni menggunakan penelitian kualitatif, dalam proses mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendapatkan data-data yang tertulis maupun yang lisan dari objek-objek yang diamati sehingga penelitian yang dijalankan bersifat natural atau tanpa rekayasa karena menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya,
Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 03 Ambulu menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 03 Ambulu yaitu, memberi nasehat arahan dan pengawasan perlu dilakukan agar siswa dapat mengerti dan memahami tanpa melakukan perilaku bullying kepada seseorang, (2) Bentuk-bentuk bullying yang terjadi di SMP Negeri 03 Ambulu berbagai macam ragam yaitu bullying verbal , bullying ini merupakan tindakan menghina korban dengan kata-kata yang menyakitkan, (3) Faktor-faktor yang terjadi di SMP Negeri 03 Ambulu, yang pertama yaitu faktor keluarga pola asuh keluarga sangat mempengaruhi tingkah laku anak di lingkungannya, faktor teman sebaya dan Faktor media social yang terjadi di SMP Negeri 03 Ambulu yaitu anak lebih suka melihat tayangan-tayangan yang ada di smartphone daripada melihat di televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bullying, Peserta Didik, Guru
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Mufidatul Nuraini
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:47
Last Modified: 22 Dec 2023 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30843

Actions (login required)

View Item View Item