STRATEGI KOMUNIKASI MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER DALAM MENJALANI HUBUNGAN BACKSTREET

Nabila, Reziana (2023) STRATEGI KOMUNIKASI MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER DALAM MENJALANI HUBUNGAN BACKSTREET. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REZIANA NABILA_D20191123.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Reziana Nabila, 2023: Strategi Komunikasi Mahasiswi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Menjalani hubungan Backstreet

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Backstreet, Mahasiswi
Al-Quran al-Karim dan Sunnah an-Nabawiyah datang sebagai pedoman dan undang-undang kehidupan bagi umat muslim, memberikan petunjuk bagi manusia untuk mengikuti jalan yang satu, yaitu jalan yang dapat mengantarkan manusia kepada jalan kemuliaan. Itulah jalan yang lurus yang membawa manusia kepada petunjuk ilahi. Namun faktanya generasi muda masa saat ini, dalam hal di kalangan mahasiswi yang menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN KHAS) yang tetap berkencan meskipun ada larangan dari orang tua. Meski ada larangan orang tua, mahasiswi tersebut tetap melakukan berkencan secara backstreet sementara orang tuanya tidak mengetahui.
Adanya fenomena ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji focus penelitian 1) Strategi komunikasi Mahasiswi UIN Khas Jember untuk mempertahankan hubungan pacaran backstreet? 2) Tujuan komunikasi pacaran backstreet antara mahasiswi dengan orang tua?
Penelitian menggunakan teori strategi komunikasi. Penelitian menggunakan data-data dalam menggali informasi. Informasi diperoleh dari enam informan yang sesuai dengan kriteria informan penelitian yaitu, (1) mahasiswi UIN KHAS Jember (2) memiliki status berpacaran (3) menyembunyikan status pacaran dari orang tua (4) bersedia diwawancarai. Metode yang dipakai wawancara mendalam (indepth interview).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam mempertahankan hubungan pacaran backstreet dari orang tuanya mempunyai strategi dan tujuan yang beragam. Mahasiswi UIN KHAS Jember melakukan kebohongan dengan menutupi kebenaran sudah melanggar aturan Agama dan orang tuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Reziana Nabila
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:25
Last Modified: 27 Dec 2023 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item View Item