IMPLEMENTASI MEMBACA ASMAUL HUSNA DAN SHALAT DHUHA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR UNGGULAN ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER

Melli Nur, Wulansari (2023) IMPLEMENTASI MEMBACA ASMAUL HUSNA DAN SHALAT DHUHA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR UNGGULAN ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI MELLI NUR WULANSARI T20184098.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Krakter Religius, Asmaul Husna, Shalat Dhuha.

Dalam pendidikan Islam, pendidikan karakter religius memiliki peran penting mencegah perbuatan yang menyimpang dari ajaran Islam. Langkah awal mencetak generasi bangsa yang berwawasan religius salah satunya melalui kegiatan keagamaan. SD Assunniyyah Kencong menjadikan asmaul husna dan shalat dhuha sebagai pembiasaan yang dilaksanakan secara rutin sebelum belajar, untuk membentuk karakter religius siswa. Melalui pembiasan, menjadikan siswa terbiasa untuk melakukan hal-hal yang baik dan siswa dapat mengamalkan makna asmaul husna dan shalat dhuha dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan membaca asmaul husna dan shalat dhuha untuk membentuk karakter religius peserta didik di Sekolah Dasar Unggulan Assunniyyah Kencong Jember? 2) Bagaimana hasil penerapan membaca asmaul husna dan shalat dhuha untuk membentuk karakter religius peserta didik di Sekolah Dasar Unggulan Assunniyyah Kencong Jember?.
Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan membaca asmaul husna dan shalat dhuha untuk membentuk karakter religius peserta didik di Sekolah Dasar Unggulan Assunniyyah Kencong Jember, 2) Mendeskripsikan hasil penerapan membaca asmaul husna dan shalat dhuha untuk membentuk karakter religius peserta didik di Sekolah Dasar Unggulan Assunniyyah Kencong Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan membaca asmaul husna dan shalat dhuha dilaksanakan setiap pagi sebelum KBM dimulai, pelaksanaan kegiatan membaca asmaul husna dan shalat dhuha dimulai pukul 06.50 sampai pukul 07.30 yang dilaksanakan di kelas masing-masing dari kelas I sampai kelas VI yang dipandu oleh guru wali kelas dan guru yang akan mengajar dijam pertama. Surah yang dibaca adalah juz 30, seperti An-Naba’, At-Takwir, ‘Abasa, dan surah pendek. Peserta didik juga melaksanakan kegiatan pembiasaan 5S (Sapa, Salam, Senyum, Sopan, Santun), yang dilakukan setiap pagi. 2) Hasil penerapan membaca asmaul husna dan shalat dhuha, yaitu nilai karakter religius yang ditanamkan kepada siswa adalah sikap jujur, toleransi, cinta damai, dan akhlakul karimah. Peserta didik mempunyai akhlak yang baik kepada guru yaitu menunduk ketika guru sedang berjalan dan tidak mendahului guru, serta siswa terbiasa mengucap salam ketika masuk dan keluar ruangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Melli Melli Nur Wulansari
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:59
Last Modified: 29 Dec 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30851

Actions (login required)

View Item View Item