NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERGURUAN SENI BELA DIRI TAPAK SUCI DI KABUPATEN BONDOWOSO

Fadilah, Devi Nur (2023) NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERGURUAN SENI BELA DIRI TAPAK SUCI DI KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DEVI NUR FADILAH_T20191397.pdf

Download (2MB)

Abstract

Devi Nur Fadilah, 2023: Nilai – Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Seni Beladiri TAPAK SUCI Di Kabupaten Bondowoso
Kata Kunci: Nilai – Nilai Pendidikan Islam, TAPAK SUCI
Fenomena yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat yaitu dimana ramainya kasus tawuran, pengeroyokan, hingga pelecehan yang dilakukan oleh oknum anggota pencak silat di dalam hingga luar Negeri. Salah satu di Taiwan dengan kasus serupa yang mana warga Indonesia dikabarkan golongan dari salah satu perguruan silat membuat onar. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Oleh karena ini fokus penelitian ini adalah sebagaimana berikut. 1) Apa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam perguruan seni beladiri TAPAK SUCI di Kabupaten Bondowoso, seperti nilai iman, ibadah, akhlak, dan sosial? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan nilai– nilai pendidikan Islam dalam perguruan seni beladiri TAPAK SUCI di Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah sebagaimana berikut. 1) untuk mendeskripsikan Nilai – nilai pendidikan Islam apa sajakah yang ada dalam perguruan seni beladiri TAPAK SUCI di Bondowoso 2) untuk mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan nilai– nilai pendidikan Islam dalam perguruan seni beladiri TAPAK SUCI di Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Jenis penelitian lapangan yang menggunakan pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dan Menggunakan metode analisis triangulasi sumber sebagai keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini adalah:1) Terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada perguruan seni beladiri TAPAK SUCI di Kabupaten Bondowoso yang mengandung diantaranya nilai Keimanan, nilai Ibadan, nilai akhlak, dan nilai sosial, yang terdapat dalam logo, ikrar, gerakan serta kegiatan latihan dalam TAPAK SUCI; 2) Faktor pendukung: Faktor dukungan dari orang tua, Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, Adanya banyak prestasi yang dimiliki oleh TAPAK SUCI, Fasilitas melanjutkan pendidikan, Kepedulian semua pihak. Faktor penghambat: Rasa egois siswa atau maunya sendiri, Faktor Ormas (organisasi masyarakat), Minimnya Jadwal latihan, Terbatasnya kader yang dapat melatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Nur Fadilah
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:04
Last Modified: 27 Dec 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30856

Actions (login required)

View Item View Item