Analisis Faktor-Faktor Pola Asuh Orang Tua yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-5 Tahun di Kelompok Bermain Cemara Sumberjo Kecamatan Srono Banyuwangi

Fitriana, Riska (2023) Analisis Faktor-Faktor Pola Asuh Orang Tua yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-5 Tahun di Kelompok Bermain Cemara Sumberjo Kecamatan Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKA FITRIANA_D20193063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: pola asuh orang tua, perkembangan sosial emosional, anak usia 3-5 tahun, kelompok bermain

Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan anak adalah peran orang tua. Pada usia dini, anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka. Perilaku sosial dan emosional anak dapat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua
mengelola emosi, menangani masalah dan sebagainya. Beberapa masalah muncul ketika ada orang tua yang mencoba memaksakan keinginan mereka kepada anak agar sesuai dengan harapan orang tua. Orang tua yang kesulitan mengelola emosi dengan baik, tidak memiliki kepercayaan pada kemampuan anak, dan bersikap posesif dapat menghambat perkembangan anak. Akibatnya, anak akan kesulitan dalam tumbuh kembangnya. Mereka bisa menjadi mudah tersinggung dan cenderung memberontak. Ini juga dapat mengakibatkan masalah dalam
berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, seperti menolak untuk bermain bersama atau enggan meminjamkan mainan. Konflik sering terjadi antara anak�anak dan teman-teman mereka dalam situasi seperti ini.

Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu faktor-faktor pola asuh orang tua apa saja yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia 3-5 tahun di Kelompok Bermain Cemara Sumberjo Kecamatan Srono Banyuwangi?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor pola asuh orang tua yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia 3-5 tahun di Kelompok Bermain Cemara Sumberjo Kecamatan Srono Banyuwangi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban untuk setiap item menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas dan uji analisis menggunakan analisis faktor.

Penelitian ini sampai pada kesimpulan berdasarkan hasil analisis data dari 12 variabel terbentuk tiga faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua padaperkembangan sosial emosional anak usia 3-5 tahun di kelompok bermain Sumberjo Kepundungan Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi antara lain
yaitu. Faktor pertama (F1) dinamakan faktor pola asuh orang tua yang memberikan peraturan yang ketat bagi anaknya.Faktor kedua (F2) dinamakan faktor pola asuh orang tua yang seimbang antara batasan dan dukungan kepada anak. Faktor ketiga (F3) dinamakan faktor pola asuh orang tua yang terlalu membebaskan anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms. RiskaFitriana Anwar
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:58
Last Modified: 02 Jan 2024 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30858

Actions (login required)

View Item View Item