Dampak Bermain Game Online Pada Perilaku Sosial Siswa Di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Mukhasanah, Tiyas (2023) Dampak Bermain Game Online Pada Perilaku Sosial Siswa Di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi tiyas watermark.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Game online, Perilaku Sosial
Game online adalah sebuah permainan yang diakses melalui media
elektronik dengan jaringan internet. Mudahnya pengaksesan game tersebut
membuat banyak orang suka, terutama pada anak sekolah usia SMP. Hal ini
memberikan dampak yang tidak baik jika digunakan secara berlebihan yang dapat
menimbulkan perubahan perilaku sosial pada siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana dampak bermain
game online pada perilaku sosial siswa di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten
Jember?, 2) Bagaimana upaya mengatasi dampak negatif bermain game online
pada perilaku sosial siswa di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dampak bermain game online
pada perilaku sosial siswa di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten Jember?, 2)
Untuk mengetahui upaya mengatasi dampak negatif bermain game online pada
perilaku sosial siswa di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten Jember.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan fenomenologi, yakni melihat dan mendengar lebih dekat dan
terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman-
pengalamannya dengan tujuan guna menginterpretasikan serta menjelaskan
pengalaman-pengalaman yang dialami seseorang dalam kehidupan, interaksi
dengan orang lain dan lingkungan sekitar.
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Gumukmas Kabupaten Jember
menunjukkan bahwa: 1) Dampak bermain game online pada perilaku sosial siswa
diantaranny seperti, siswa tidak konsentrasi saat pembelajaran di kelas, kurang
bersosialisasi dengan temannya dan cenderung memiliki circle sendiri sesama
pemain game online, suka berimajinasi sebagai tokoh yang ada di dalam game,
mudah berkata kasar dan mengumpat, interaksi dengan guru dan teman cenderung
monoton, siswa menunda waktu belajar, cenderung bersikap cuek terhadap
lingkungannya. 2) Upaya mengatasi dampak negatif bermain game online pada
perilaku sosial siswa adalah guru memberi nasehat dan arahan, guru memberi
tugas kelompok untuk saling bekerja sama, siswa mengikuti pembiasaan kegiatan
di sekolah, siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, dilarang membawa hp di
sekolah, pihak sekolah mengadakan sosialisasi dengan murid dan orang tua, orang
tua memberi jadwal kegiatan di rumah, orang tua memberi batasan waktu pada
anak saat bermain game online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tiyas Mukhasanah
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:25
Last Modified: 27 Dec 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30861

Actions (login required)

View Item View Item