STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK MINORITAS TERHADAP KELOMPOK MAYORITAS: STUDI KASUS PADA KOMUNITAS SYIAH DI YAYASAN AL-HUJJAH KELURAHAN KRANJINGAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

Aslam, Hosen STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK MINORITAS TERHADAP KELOMPOK MAYORITAS: STUDI KASUS PADA KOMUNITAS SYIAH DI YAYASAN AL-HUJJAH KELURAHAN KRANJINGAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK MINORITAS TERHADAP KELOMPOK MAYORITAS: STUDI KASUS PADA KOMUNITAS SYIAH DI YAYASAN AL-HUJJAH KELURAHAN KRANJINGAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. (Unpublished)

[img] Text
Aslam Hosen_D20181110.pdf

Download (6MB)

Abstract

Aslam Hosen: Strategi Komunikasi Kelompok Minoritas Terhadap Kelompok
Mayoritas: Studi Kasus Pada Komunitas Syiah di Yayasan Al-Hujjah Kelurahan
Kranjingan Kecamatan SumbersariKabupaten Jember
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Minoritas, Yayasan Al-Hujjah
Istitah strategi komunikasi merupakan serangkaian perencanaan atau alur efektif
yang berfungsi untuk menjalankan suatu kegiatan yang tersusun secara sistematis
sehingga mudah dipahami yang berfungsi untuk mempermudah jalannya kegiatan
yang akan dilakukan hingga mencapai tujuan strategi tersebut. Sehingga
kelompok minoritas (syiah) Al-Hujjah melakukan penyusunan strategi
komunikasi dengan beberapa serangkaian kegiatan-kegiatan dan pola pesan yang
digunakan kepada masyarakat untuk menciptakan keharmonisan antar kelompok
keyakinan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi
Komunikasi yang digunakan Yayasan Al-Hujjah Terhadap Kelompok Mayoritas.
2) Apa media komunikasi yang digunakan Yayasan Al-Hujjah dalam
berkomunikasi dengan kelompok mayoritas. 3) Bagaimana respon masyarakat
terhadap Yayasan Al-Hujjah. Berdasarkan fokus penelitian tersebut peneliti
menyusun tujuan fokus penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahuai bagaimana
strategi komunikasi yang dilakukan Yayasan AL-Hujjah terhadap kelompok
mayoritas. 2) Untuk mengetahui apa media yang digunakan Yayasan Al-Hujjah
dalam berkomunikasi dengan masyarakat. 3) Untuk mengetahui bagaimana
respon masyarakat terhadap Yayasan Al-Hujjah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik
analisis data deskriptif, yaitu dengan cara menghimpun data-data faktual dan
mendiskripsikan. Adapun teknik keabsahan data adalah triangulasi yaitu
membandingkan data yang diperoleh dalam wawancara dengan data observasi,
artinya adalah membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan
apa yang dikatakannya secara pribadi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Stategi komunikasi yang digunakan yayasan
Al-Hujjah ada tiga tahapan yaitu tahap pengenalan khalayak, tahap penyusunan
pesan dan tahap aksi. 2) Media komunikasi yang digunakan adalah media
komunikasi antar pribadi dan media elektronik. 3) Respon masyarakat terhadap
Yayasan Al-Hujjah tergolong sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Depositing User: Aslam Hosen Bani Samarwan
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:33
Last Modified: 27 Dec 2023 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item