STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERCERAIAN DI KUA KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

Mahmud, - (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERCERAIAN DI KUA KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Mahmud_D20191119.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahmud, Abdul Mu’is, S.Ag, M.Si. 2023: Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Dalam Upaya Pencegahan Perceraian Di KUA Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Penyuluh Agama, perceraian.

Perceraian merupakan terputusnya hubungan perkawinan antara suami istri yang disebabkan oleh hal-hal tertentu dan penyuluh agama dalam menjalankan tugasnya memiliki peranan penting dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan sehingga dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Dalam Upaya Pencegahan Perceraian Di KUA Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember ?. 2) Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Penyuluh Agama Dalam Upaya Percegahan Perceraian Di KUA Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember?

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Dalam Upaya Pencegahan Perceraian Di KUA Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. 2) Untuk Mengetahui Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Penyuluh Agama Dalam Upaya Pencegahan Perceraian Di KUA Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) penyuluh agama dalam upaya pencegahan perceraian melalui komunikasi pra nikah dan paska nikah dengan memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang pernikahan seperti bimbingan perkawinan (MIMWIN) dan bimbingan pernikahan melaui komunikasi interpersonal dengan cara informatif, persuasif, edukatif, asersif dan strategi yang digunakan sangat efektif dengan membangun komunikasi dua arah dalam upaya melakukan pendekan interpersonal dengan pasangan yang bekonflik. 2) Faktor pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam upaya pencegahan perceraian di KUA Kecamatan Sukorambi, faktor pendukung adalah SDM yang memadai, antusias masyarakat dalam mengikuti penyuluhan dan penerimaan masyarakat terhadap strategi yang diterapkan, sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidak sesuaian waktu bimbingan dan penyuluhan serta cuaca yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mahmud - -
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:41
Last Modified: 27 Dec 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30894

Actions (login required)

View Item View Item