Sistem Pengupahan Pada Usaha Batu Bata Di Desa Langkap Kabupaten Jember Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

salsabila, silvia (2023) Sistem Pengupahan Pada Usaha Batu Bata Di Desa Langkap Kabupaten Jember Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Silvia Salsabila Revisi Terbaru.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem Pengupahan, batu bata, Ekonomi Islam.
Sistem upah merupakan kebijakan dan strategi yang menentukan kompensasi yang diterima pekerja. Kompensasi ini merupakan bayaran atau upah yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas hasil kerja mereka. Bagi pekerja, masalah sistem upah merupakan masalah yang penting karena menyangkut keberlangsungan dan kesejahteraan hidup mereka.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pengupahan yang dilakukan oleh usaha batu bata di Desa Langkap Kabupaten Jember? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sistem pengupahan pada usaha batu bata di Desa Langkap Kabupaten Jember? 3) Bagaimana menurut perspektif ekonomi Islam tentang sistem pengupahan pada usaha batu bata di Desa Langkap Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sistem pengupahan yang dilakukan oleh usaha batu bata di Desa Langkap Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang mempengaruhi sistem pengupahan pada usaha batu bata di Desa Langkap Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang sistem pengupahan pada usaha batu bata di Desa Langkap Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan jenis penelitian studi lapangan. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Sistem pengupahan yang diterapkan pada usaha batu bata ini yaitu sistem upah jamgka waktu dan sistem upah pemufakatan, dimana pihak buruh akan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Nantinya upah yang dibayarkan kepada buruh tersebut, disesuaikan dengan jumlah upah perminggu. Yang mana upah buruh tersebut per 1.000 biji batu bata di upah Rp. 120.000. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengupahan pada usaha batu bata di Desa Langkap yaitu penawaran dan permintan tenaga kerja, kemampuan untuk membayar. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi produktifitas yaitu antara lain: motivasi, kedisiplinan, keterampilan. (3) Sistem pengupahan kepada buruh pun sudah sesuai dengan apa yang diatur dalam islam. Islam bahwasanya upah harus segera diberikan kepada para karyawan tanpa menunda-nunda waktu pemberiannya. Jumlah besaran upah yang akan diterima oleh seorang buruh pun sudah disebutkan di awal sesuai apa yang dianjurkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Silvia Salsabila
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:53
Last Modified: 27 Dec 2023 04:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30900

Actions (login required)

View Item View Item