Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember.

dini alifah, farah amaliya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember. Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad shiddiq jember.

[img] Text
FARAH.pdf

Download (20MB)

Abstract

Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, tentang standart isi dan Permendiknas Nomor 3 tahun 2006 tentang Standart Komepetensi Kelulusan, Bahasa Inggris merupakan salah satu muatan lokal wajib bagi semua siswa Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas IV. Penelitian ini memfokuskan kepada pengembangan media belajar dan materi kosa kata Bahasa Inggris Alphabet and Number (alfabet dan angka) yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember
Sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan maka fokus penelitian yang dilakukan yakni : (1) bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember ?(2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE dari Robert Maribe Branch pada tahun 2009, yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentatiton (iplementasi), dan Evaluation (evaluasi).
Hasil penelitian ini didasarkan pada prosedur ADDIE : 1) Analisis, peneliti menemukan permasalahan yaitu siswa merasa asing, kurang fokus, dan kurang bersemangat dalam pembelajaran bahasa inggris. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti mengembangakan media Busy Book dengan harapan memudahkan proses belajar mengajar bahasa inggris. 2) Desain, merancang media pembelajaran Busy Book dengan memilih ukuran, warna, bahan, dan juga mengkonsep ilustrasi media yang sesuai dengan materi bahasa inggris. 3) Pengembangan, tahap ini didasarkan pada penilaian, saran dan komentar para validator sesuai dengan bidang masing-masing. 4) Implementasi, dalam penelitian ini diujicobkan pada kelas I MI Darul Ibad yaitu13 siswa dalam proses uji skala kecil dan 30 siswa dalam proses uji skala besar. 5) Evaluasi, dilakukan secara formatif pada setiap tahap bertujuan untuk menyempurnakan tahapan model ADDIE. Hasil penelitian ini juga didasarkan pada penilaian angket dari ahli media sebesar 92%, ahli materi sebesar 95%, dan guru Bahasa Inggris sebesar 98%, selain itu juga terdapat hasil uji respon yang dilakukan oleh siswa dengan jumlah rerata sebanyak 92%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, maka hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Busy Book untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris layak digunakan dengan revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Farah Amaliya Dini Alifah
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:20
Last Modified: 27 Dec 2023 04:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30906

Actions (login required)

View Item View Item