Pelaksanaan Karakter Islami Melalui Sholat Duhur Berjamaah dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo

Motmainnah, Nova (2023) Pelaksanaan Karakter Islami Melalui Sholat Duhur Berjamaah dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddik Jember.

[img] Text
WATERMAKS skripsi novaa FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nova Motmainnah, 2023, Pelaksanaan Karakter Islami Melalui Sholat Duhur Berjamaah dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo.
Kata Kunci : Karakter Islami, Disiplin Siswa.
Pelaksanaan karakter islami melalui sholat duhur adalah konsep yang mencakup implementasi nilai-nilai islam yang terkandung dalam sholat duhur untuk membentuk dan menguatkan karakter islami serta membentuk kedisiplinan siswa. Sholat sebagai ibadah yang wajib dalam islam, membutuhkan kedisiplinan dan konsistensi dalam pelaksanaannya. Melalui praktek sholat yang teratur, seseorang dibimbing untuk memperkuat nilai-nilai moral serta menghindari perbuatan yang buruk dan tercela. Dengan mematuhi tatacara dan waktu sholat dapat membentuk kedisiplinan secara alami pada pelakunya.
Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan karakter islami ilahiyah melalui sholat duhur dalam membentuk disiplin siswa di SMP Negeri 1 Suboh? 2) Bagaimana pelaksanaan karakter islami insaniyah melalui sholat duhur dalam membentuk disiplin siswa di SMP Negeri 1 Suboh?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan karakter islami ilahiyah melalui sholat duhur berjamaah dalam membentuk disiplin di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap ketaatan siswa dalam ibadah. Karakter Islami Ilahiyah menunjukkan bahwa siswa telah mengalami perkembangan dalam pelaksanaan sholat. Awalnya, mereka menjalankan sholat dengan aturan yang sangat ketat, namun seiring waktu, mereka mulai melaksanakannya dengan sukarela meski tanpa diperintah guru. Siswa juga menunjukkan kesungguhan dalam beribadah, terlihat dari perilaku mereka yang menjalankan sholat dengan penuh khusyuk tanpa melakukan kegiatan yang mengganggu atau mengurangi konsentrasi selama beribadah seperti bergurau atau berbicara dengan teman saat melaksankan sholat. Mereka juga menunjukkan ketaatan dalam memenuhi syarat-syarat dan rukun sholat dengan benar. 2) Sementara itu, karakter Islami Insaniyah tercermin dari perilaku sosial siswa di luar konteks ibadah. Perilaku sopan saat berpapasan dengan guru, mereka mengucapkan salam ketika bertemu guru, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, serta bersalaman dengan sopan. Selain itu, siswa juga menunjukkan kepedulian terhadap teman maupun guru dengan mengunjungi dan memberikan dukungan saat ada yang sakit atau sedang mengalami musibah. Juga penurunan pelanggaran siswa. Ini menunjukkan adanya perubahan positif dalam sikap dan perilaku siswa dalam menghormati guru serta menjaga kedisiplinan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nova Motmainnah
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:54
Last Modified: 28 Dec 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30908

Actions (login required)

View Item View Item