Strategi Komunikasi Yatim Mandiri Jember Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Bunda Yatim Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA)

Nurul Islami, Nadya (2023) Strategi Komunikasi Yatim Mandiri Jember Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Bunda Yatim Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NADYA NURUL ISLAMI_D20191023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi masih menjadi faktor terpenting dalam kehidupan manusia sebagai aktivitas dasar dalam berhubungan antara satu sama lain, baik antar individu, kelompok maupun organisasi. Namun hingga kini masih banyak pula masyarakat yang salah mempersepsikan terkait makna kesejahteraan sosial sehingga menyebabkan kurang adanya tindak lanjut terhadap masyarakat lemah dalam memandirikan kehidupannya agar tidak lagi bergantung pada orang lain. Melalui perubahan yang akan dilakukan tentu harus dibarengi dengan strategi yang tepat agar tujuan yang telah ditetapkan dapat sampai dan memberikan pemahaman yang sebenarnya sehingga perencanaan yang dilakukan dapat mencapai tujuan sentral dari strategi komunikasi meliputi to secure understanding, to establish acceptance dan to motivate action.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi komunikasi Yatim Mandiri Jember dalam meningkatkan pemberdayaan bunda yatim melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA)? 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi komunikasi pada program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA)? Dengan tujuan penelitian 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Yatim Mandiri Jember dalam meningkatkan pemberdayaan bunda yatim melalui program BISA sehingga pelaksanaan kegiatan program dapat dikatakan efektif. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi komunikasi terhadap upaya meningkatkan pemberdayaan bunda yatim.
Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi melalui sumber data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Dari beberapa strategi komunikasi yang direncanakan kemudian dilaksanakan terdapat strategi komunikasi yang paling dominan dan memberikan dampak atau hasil yang baik terutama dalam mewujudkan keefektivitas-an program BISA dalam meningkatkan pemberdayaan bunda yatim yakni membangun komunikasi yang efektif dengan anggota program dan menjalin kerjasama dengan pemerintahan daerah 2) Faktor yang paling dominan dan menonjol dalam mendukung penerapan strategi komunikasi yang dilakukan yakni berupa aktivitas kegiatan program BISA berupa penyaluran bantuan modal usaha, pembinaan rutin dan pelatihan. Sedangkan faktor yang dianggap paling menghambat berasal dari pribadi bunda yatim yang tetap kekeuh bertahan menggunakan pola marketing konvensional.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Pemberdayaan Bunda Yatim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms. Nadya Nurul Islami
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:16
Last Modified: 28 Dec 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30928

Actions (login required)

View Item View Item