Analisis kognitif sosial remaja masjid pengguna gadget di Perumahan Bumi Mangli Permai

Sari, Cintya Tugastika (2023) Analisis kognitif sosial remaja masjid pengguna gadget di Perumahan Bumi Mangli Permai. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CINTYA TUGASTIKA SARI_D20193027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cintya Tugastika Sari, 2023 : “Analisis Kognitif Sosial Remaja Masjid Pengguna Gadget Di Perumahan Bumi Mangli Permai”.

Kata kunci : Kognitif Sosial; Pengguna Gadget; Remaja Masjid

Pada zaman sekarang, Kehadiran gadget yang pesat dengan kemajuan serta kecanggihannya membuat manusia mudah untuk melakukan segala hal, saat ini gadget sudah merata penggunaannya pada semua kalangan masyarakat, banyak manfaat yang dihasilkan akan tetapi gadget juga memiliki dampak buruk bagi pengguna nya, terlebih bagi remaja di karenakan pengguna gadget yang lebih dominan pada rentang anak usia remaja. Penggunaan gadget pada remaja memang merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan perilaku remaja dikarenakan dari faktor lingkungan sekitar, keluarga dan teman sebaya yang juga sangat berperan di kehidupan mereka.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana proses kognitif sosial remaja masjid pengguna gadget di Perumahan Bumi Mangli Permai? 2) Bagaimana regulasi diri remaja masjid pengguna gadget terhadap hidup sosialnya di Perumahan Bumi Mangli Permai?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan proses kognitif sosial remaja masjid pengguna gadget di Perumahan Bumi Mangli Permai. 2) Untuk mendeskripsikan regulasi diri remaja masjid pengguna gadget terhadap hidup sosialnya di Perumahan Bumi Mangli Permai.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi: Reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Kesimpulan dari penelitian ini 1). Analisis penggunaan gadget pada proses kognitif sosial yakni perhatian, pengingat, perubahan perilaku dan motivasi dalam menggunakan gadget Remaja Masjid di Perumahan Bumi Mangli Permai ini masih di kategori positif atau baik seperti terlihat dari dampak positif perilaku remaja yang masih efisiensi dalam waktu, terjalinnya silahturmi baik antara sesama remaja, masih sopan serta menghormati Orang tua, dan mudahnya transaksi bisnis yang mudah melalui adanya peniruan dalam menggunakan gadget yang menjadikan baik dan bahkan berprestasi yang dimiliki oleh remaja tersebut. 2). Regulasi diri dalam menganalisis remaja masjid pengguna gadget dalam hidup sosialnya ini berupa keaktifan mereka dalam penggunaan gadget dapat dilihat dalam tiga faktor regulasi diri dalam menggunakan gadget yang mana mencakup kekuatan lingkungan, kognitif, dan perilaku dimana ketiga kekuataan tersebut imbang dan saling berinteraksi secara terus menerus sehingga mereka tetap bisa meregulasi diri dengan mengontrol sendiri mengenai motivasi kondisi dan kemampuan perilaku terhadap hidup sosialnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080703 Human Information Behaviour
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cintya Tugas
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:35
Last Modified: 27 Dec 2023 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30932

Actions (login required)

View Item View Item