Analisis Pertumbuhan UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember

Hamdani, Moh Fuad (2023) Analisis Pertumbuhan UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH FUAD HAMDANI_E20192342 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh. Fuad Hamdani, 2023 : Analisis Pertumbuhan UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember.
Kata kunci : UMKM, Sumber daya Manusia, Ekonomi.
Pertumbuhan UMKM menjadi peran penting dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi suatu daerah, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kekuatan ekonomi masyarakat yang tidak bisa lagi dipandang dengan sebelah mata. Kehadiran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini memiliki kemampuan menyerap tenaga kerja yang besar, membuka peluang usaha, mengurangi pengangguran dan dapat mewujudkan pemerataan kesejahteraan rakyat. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan sehingga menyebabkan lemahnya daya saing baik dalam pasar lokal maupun pasar internasional. Persoalan utama yang dihadapai antara lain adalah keterbatasan insfrastruktur dan akses pemerintah terkait dengan perizinan dan birokrasi serta tingginya tingkat pungutan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1.) Bagaimana dampak Pertumbuhan UMKM terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember? 2.) Bagaimana Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Mengetahui dampak Pertumbuhan UMKM terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember. 2.) Mengetahui Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1.) berdasarkan hasil temuan bahwa pertumbuhan UMKM sangat berperan dalam meningkatkan Pertumbuhan ekonomi di kabupaten jember dengan cara membuka lapangan pekerjaan atau perluasan kesempatan kerja. 2.) Adapun peranan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro terhadap pertumbuhan ekonomi adalah dengan memperdayakan UMKM yang dimana sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten jember, hal ini dapat dilihat dengan sejauh mana edukasi ekonomi yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Pemerintahan Kabupaten Jember bisa tersampaikan kepada pelaku UMKM, sehingga Pelaku UMKM mampu memanfaatkan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Fuad Hamdani
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:30
Last Modified: 27 Dec 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30936

Actions (login required)

View Item View Item