PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2020-2022)

Sulistyo Rini, Istafania (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2020-2022). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ISTAFANIA S.R_ E20193031.pdf

Download (22MB)

Abstract

Istafania Sulistyo Rini, Wildan Khisbullah Suhma, 2023: Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Return Saham
Pada masa pandemi ini return saham pada indeks LQ45 mengalami penurunan signifikan sebesar -24,67% ditahun 2020, mulai membaik sebesar 3,69% pada tahun 2021 dan melonjak naik sebesar 2,80% pada awal tahun 2022. Peningkatan return saham ini dapat menarik investor untuk kembali berinvestasi pada pasar modal. Pasar modal menjalankan fungsinya sebagai sarana perusahaan untuk mendapatkan dana dari investor serta sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi di instrumen keuangan. Namun, sebelum melakukan investasi, investor membutuhkan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi return saham untuk mengurangi resiko yang akan terjadi. Berdasarkan teori yang ada, ROA, DER, dan CR memiliki informasi yang bisa mempengaruhi return saham.
Rumusan masalah pada penelitian merupakan: (1) Apakah profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham? (2) Apakah leverage berpengaruh signifikan terhadap return saham? (3) Apakah likuiditas berpengaruh signifikan terhadap return saham? (4) Apakah profitabilitas, leverage, dan likuiditas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap return saham?
Tujuan dari Penelitian ini merupakan: (1) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap return saham. (2) Untuk mengetahui pengaruh leverage terhadap return saham. (3) untuk mengetahui pengaruh likuiditas terhadap return saham. (4) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan likuiditas secara simultan (bersama-sama) terhadap return saham.
Penelitian ini memakai pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan 45 Perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2020-2022. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 23 perusahaan dengan 69 jumlah data yang memenuhi kriteria sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan teknik dokumentasi. Analisis data yang dipakai yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan bantuan program SPSS statistik versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) profitabilitas yang diproksikan dengan ROA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return saham. 2) leverage yang diproksikan dengan DER secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. 3) likuiditas yang diproksikan dengan CR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. 4) ROA, DER, dan CR secara simultan (bersama-sama) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Ms Istafania Sulistyo Rini
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:08
Last Modified: 27 Dec 2023 04:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30938

Actions (login required)

View Item View Item