Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis elektronik pada pembelajaran tematik kelas vi di min 5 jember tahun ajaran 2022-2023

Wahyu lestari, widayanti (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis elektronik pada pembelajaran tematik kelas vi di min 5 jember tahun ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
widayanti wahyu lestari.pdf

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK

Widayanti wahyu Lestari, 2023 : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Elektronik Pada Pembelajaran Tematik Kelas VI Di MIN 5 Jember Tahun Ajaran 2022-2023
Kata kunci : lembar kerja peserta didik, berbasis elektronik, pembelajaran tematik
Pemanfaatan lembar kerja peserta didik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas belajar yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Dalam hal ini tenaga pendidik harus mampu untuk mempersipkan lembar kerja peserta didik yang disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan ditempat pelaksanaan tugas. Pada saat observasi dan wawancara guru kelas VI di MIN 5 Jember guru sangat jarang menggunakan media pembelajaran terutama adalah media elektronik. Sehingga penelitian ini memfokuskan kepada pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis elektronik pada pembelajaran tematik yang dilakukan di MIN 5 Jember.
Sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan maka fokus penelitian yang dilakukan yakni : (1) Bagaimana Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Elektronik Pada Pembelajaran Tematik Kelas VI Di MIN 5 Jember Tahun ajaran 2022-2023 ?. (2) Bagaimana kelayakan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Elektronik Pada Pembelajaran Tematik Kelas VI Di MIN 5 Jember Tahun ajaran 2022-2023 ?.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah reseach and development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE dari Robert Maribe Branch yang terdiri dari lima tahapan yaitu Anlysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi).
Hasil dari penelitian yang didasarkan pada prosedur ADDIE : 1) Analisis, berfokus pada permasalahan dari peserta didik dalam hal ini berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan peserta didik. 2) desain, mengenai proses mendesain media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dalam hal ini adalah lembar kerja peserta didik yang berbasis elektronik. 3) pengembangan, hal ini didasarkan pada penilaian, saran, komentar dari validator ahli media dan ahli materi 4) implementasi, pada tahap uji coba pada penelitian ini di ujicobakan kepada kelas VI di MIN 5 Jember. 5) evaluasi, dilakukan pada setiap tahapan yang bertujuan untuk menyempurnakan setiap tahapan dalam ADDIE.
Hasil penelitian ini juga didasarkan pada penilaian angket dari ahli media sebesar 95,5% sedangkan ahli materi mendapatkan 92,5% Dan guru kelas 100% selain itu juga terdapat hasil uji respon peserta didik dengan jumlah 94,2% berdasarkan hasil kelayakan tersebut maka hasil dari penelitian ini menunjukan lembar kerja peserta didik berbasis elektronik layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: widayanti wahyu lestari
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:42
Last Modified: 27 Dec 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30939

Actions (login required)

View Item View Item