Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi Ilmu, Keislaman, dan Kearifan Lokal sebagai Buku Penunjang IPA SMP/MTs pada Materi Klasifikasi Tumbuhan

Fisabilillah, Qindi Putri (2023) Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi Ilmu, Keislaman, dan Kearifan Lokal sebagai Buku Penunjang IPA SMP/MTs pada Materi Klasifikasi Tumbuhan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QINDI PUTRI FISABILILLAH_T201910023.pdf

Download (97MB)

Abstract

Kata Kunci: Terintegrasi Ilmu, Keislaman dan Kearifan Lokal, Buku Penunjang.
Penelitian ini mengembangkan suatu produk berupa buku penunjang agar dapat membantu peserta didik dalam menunjang pembelajaran klasifikasi tumbuhan tingkat SMP/MTs. Produk yang dikembangkan berupa ensiklopedia. Ensiklopedia merupakan buku yang didalamnya berisi keterangan atau uraian ilmu pengetahuan yang disusun secara alpabet. Ensiklopedia ini berisi integrasi antara sains, islam dan kearifan lokal. Pengintegrasian antara sains, islam dan kearifan lokal dapat tersalurkan kepada peserta didik dengan tujuan menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik. Buku penunjang dapat mendampingi buku ajar utama dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana validitas ensiklopedia terintegrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal sebagai buku penunjang IPA SMP/MTs pada materi klasifikasi tumbuhan?, (2) Bagaimana respons peserta didik terhadap ensiklopedia terintegrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal sebagai buku penunjang IPA SMP/MTs pada materi klasifikasi tumbuhan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan validitas ensiklopedia terintegrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal sebagai buku penunjang IPA SMP/MTs pada materi klasifikasi tumbuhan, (2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap ensiklopedia terintegrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal sebagai buku penunjang IPA SMP/MTs pada materi klasifikasi tumbuhan.
Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi sampai tahap implementation. Subjek penilaian produk untuk validasi ensiklopedia yaitu ahli materi, ahli media, ahli Al-Qur’an dan Tafsir, ahli kearifan lokal, dan guru IPA. Uji respons peserta didik dalam penelitian ini yaitu 6 peserta didik dalam uji respons skala kecil dan 25 peserta didik dalam uji respons skala besar.
Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil rata-rata persentase validitas ensiklopedia yaitu: uji validasi ahli materi 81%, ahli media 92%, ahli Al-Qur’an dan Tafsir 93%, ahli kearifan lokal 95%, dan ahli praktisi berupa guru IPA 91% kriteria sangat valid, dengan demikian ensiklopedia ini dapat diuji respons kepada peserta didik. (2) hasil uji respons peserta didik menyatakan persentase rata-rata hasil uji respons skala kecil diperoleh 93% dengan kategori sangat menarik dari segi keterbacaan dilanjutkan dengan uji respons skala besar sebesar 90% dengan kategori sangat menarik sehingga ensiklopedia terintegrasi ilmu, keislaman, dan kearifan lokal dapat digunakan sebagai buku penunjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Qindi Putri Fisabilillah
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:41
Last Modified: 27 Dec 2023 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30942

Actions (login required)

View Item View Item