Strategi keunggulan bersaing BMT UGT Nusantara Capem Puger

Fandriansyah, Dimas Maulidianto (2023) Strategi keunggulan bersaing BMT UGT Nusantara Capem Puger. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Dimas Maulidianto Fandriansyah - BMT UGT Nusantara Capem Puger watermarked.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persaingan yang cukup kuat dan pesat dalam lembaga keuangan membuat suatu lembaga keuangan harus memiliki strategi bersaing untuk dapat bertahan dan berkembang. Suatu usaha harus dapat mempertahankan bisnisnya dan berkembang dari tahun ke tahun. Salah satu usaha untuk menghadapi persaingan-persaingan yang begitu ketat, setiap perusahaan harus memiliki strategi keunggulan yang dapat membedakan dengan perusahaan lainnya. BMT UGT Nusantara Capem Puger merupakan salah satu koperasi syariah di Indonesia yang berkomitmen menjaga kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah dan mampu bersaing dengan baik dengan lembaga keuangan lainnya. Hal ini dapat dipandang dari produk-produk, pelayanan dan akad yang digunakan pada aktivitas transaksi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut : 1). Bagaimana Strategi Keunggulan Bersaing BMT UGT Nusantara Capem Puger? 2). Bagaimana dampak Strategi Keunggulan Bersaing BMT UGT Nusantara Capem Puger?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Keunggulan Bersaing BMT UGT Nusantara Capem Puger. 2). Untuk mengetahui dan menganalisis dampak Strategi Keunggulan Bersaing BMT UGT Nusantara Capem Puger.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Strategi keunggulan bersaing yang diterapkan oleh BMT UGT Nusantara Capem Puger dalam menghadapi persaingan dengan menggunakan strategi diferensiasi yaitu pelayanan jemput bola yang memudahkan nasabah dan debitur dalam transaksinya. Selain itu tidak ada pinalti dalam produk pembiayaan, serta dari segi produk deposito yang bagi hasilnya bisa diambil didepan. Strategi keunggulan biaya rendah juga diterapkan pada produk pembiayaannya. Harga yang ditawarkan oleh BMT UGT Nusantara tidak jauh berbeda dengan lembaga keuangan lainnya dan jika histori angsurannya bagus bunga bisa menjadi lebih rendah. Dalam strategi fokus, BMT UGT Nusantara Capem Puger membuat produk untuk memenuhi keperluan sejumlah kelompok kecil konsumen yang dalam hal ini fokus pada para pedagang kecil.
2.) Dampak dari strategi keunggulan bersaing yang diterapkan BMT UGT Nusantara memiliki yaitu memudahkan nasabah dan debitur dalam transaksinya sehingga tidak perlu antri, memenuhi kebutuhan konsumen yang bermacam-macam, dan bertambahnya nasabah baru.

Kata Kunci: Strategi, Keunggulan Bersaing, BMT UGT Nusantara Capem Puger

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Dimas Maulidianto Fandriansyah
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:24
Last Modified: 09 Jan 2024 00:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30948

Actions (login required)

View Item View Item