Perasaan Cemas (Kecemasan) Menghadapi Berakhirnya Masa Kontrak Kerja Pada Karyawan Kontrak PT. Intecon Bangun Persada Jember

Ali, Annisa Himmatul Maula Ali (2023) Perasaan Cemas (Kecemasan) Menghadapi Berakhirnya Masa Kontrak Kerja Pada Karyawan Kontrak PT. Intecon Bangun Persada Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNISA HIMMATUL MAULA ALI_D20195057.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perasaan khawatir, gelisah, was-was, tidak tentram, panik, dan sebagainya merupakan suatu gejala umum dari kecemasan. Kecemasan yang dirasakan oleh karyawan kontrak adalah ketakutan apabila kontrak kerja yang telah disetujui antara perusahaan dan karyawan tersebut berakhir pada perusahaan tersebut. Kecemasan yang dialami disebabkan karena karyawan tersebut cemas akan keberlangsungan hidupnya. Terdapat faktor yang mempengaruhi kecemasan pada karyawan kontrak saat menghadapi berkahirnya kontrak kerja, yaitu akan kehilangan fasilitas yang diperoleh saat masih bekerja, dan akan kehilangan status jabatan pekerjaan maupun status sosial serta berubahnya pandangan masyarakat
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini addalah : 1) Apa saja faktor yang membuat karyawan kontrak diliputi peraasaan cemas saat menghadapi berakhirnya kontrak kerja di PT Intecon Bangun Persada Jember? 2) Apa saja bentuk kecemasan yang di alami karyawan kontrak yang menghadapi berakhirnya kontrak kerja di PT Intecon Bangun Persada Jember? 3) Bagaimana karyawan kontrak mengatasi Berbagai kecemasan yang dialami seiring berakhirnya kontrak kerja di PT Intecon Bangun Persada Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui faktor yang membuat karyawan kontrak diliputi perasaan cemas saat menghadapi berakhirnya kontrak kerja di PT Intecon Bangun Persada Jember. 2) Untuk mengetahui bentuk kecemasan yang di alami karyawan kontrak yang menghadapi berakhirnya kontrak kerja di PT Intecon Bangun Persada Jember. 3) Untuk mengetahui upaya mengatasi berbagai kecemasan yang dialami karyawan kontrak seiring berakhirnya kontrak kerja di PT Intecon Bangun Persada Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, menganalisis kecemasan yang dirasakan karyawan kontrak saat menghadapi berakhirnya kontrak kerja pada karyawan kontrak PT Intecon Bangun Persada Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, obervasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) faktor yang mempengaruhi munculnya kecemasan pada kryawan kontrak saat menghadapi berakhirnya kontrak kerja yakni: khawatir akan kehilangan fasilitas-fasilitas yang diperoleh saat masih bekerja, termasuk penghasilan (gaji), tunjangan, dan kesempatan-kesempatan. 2) bentuk kecemasan yang dialami karyawan kontrak yakni: aspek fisik seperti jantung berdebar, pusing, berkeringat. Aspek perilaku seperti menghindar dari penyebab kecemasan, bergantung pada orang lain, dan tidak percaya diri. Aspek kognitif seperti khawatir yang berlebih. 3) upaya mengatasinya yakni dengan ber- olahraga, atau sekedar bermain game, berbelanjag, dan kegiatan disukai lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Depositing User: Annisa Himmatul Maula Ali
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:47
Last Modified: 27 Dec 2023 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30949

Actions (login required)

View Item View Item