Pembelajaran Fiqih melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas X di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024

Fitriya, Wardatul (2023) Pembelajaran Fiqih melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas X di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WARDATUL FITRIYA_202101010089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran agama di sekolah Thailand, terutama dalam konteks pembelajaran fiqih, menghadapi tantangan serius akibat minimnya perhatian dan pendalaman materi yang diberikan kepada siswa sehingga perlu adanya inovasi baru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Salah satu inovasi yang diterapkan di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand adalah metode demonstrasi Metode ini telah memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih, memungkinkan siswa untuk melihat secara langsung bagaimana konsep-konsep fiqih diterapkan dalam situasi praktis, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat memahami materi pembelajaran dengan baik.

Adapun fokus penelitian pada skripsi ini ini adalah; 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Fiqih melalui metode demonstrasi kelas X di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fiqih melalui metode demonstrasi kelas X di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Fiqih melalui metode demonstrasi kelas X di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand Tahun Pelajaran 2023/2024?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitan di Powocho Santivit Songhkla Technological College Thailand. Subjek Penelitian : Direktur, Guru Fiqih, dan perwakilan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data : 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan model Milles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan Pembelajaran Fiqih melalui Metode Demonstrasi meliputi, a) Guru merumuskan tujuan pembelajaran menggunaan metode demonstrasi dan tujuan kompetensi; b) Guru menentukan materi pembelajaran tentang konsep fiqih dan ibadah dalam islam; c) Sumber belajar/media pembelajaran yang digunakan adalah buku fiqih kelas X dan media pembelajaran yang digunakan berupa laptop, proyektor dan PPT; d) Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi; e) Guru menetapkan penilaian observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda 2) Pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan metode demonstrasi, mencakup pembukaan pelajaran, penyampaian materi melalui PPT, tanya jawab, diskusi, praktek, refleksi, pemberian tugas, dan pengakhiran dengan doa dan salam.3) Evaluasi Pembelajaran Fiqih melalui Metode Demonstrasi, yaitu guru menggunakan penilaian formatif melalui observasi pada saat proses penyampaian materi, diskusi dan praktek. Kemudian guru menilai melalui tes objektif bentuk pilihan ganda.

Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih;Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wardatul Fitriya
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:38
Last Modified: 27 Dec 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30953

Actions (login required)

View Item View Item