PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN PSIKOLOGIS PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI LINGKUNGAN PONDOK SOSIAL (LIPOSOS) JEMBER

PRATAMA, FIRDAUZI AQIL (2023) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN PSIKOLOGIS PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI LINGKUNGAN PONDOK SOSIAL (LIPOSOS) JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI-FIRDAUZI AQIL PRATAMA Watermark (7).pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK
Firdausi Aqil Pratama, 2023: Peran Pekerja Sosial dalam Melakukan Pendampingan Psikologis pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) Jember.

Kata Kunci : pekerja sosial, pendampingan psikologis, ODGJ.

Keberadaan tugas para pekerja sosial tentunya semakin sulit jika hal dan permasalahan tersebut terus terjadi. Namun prinsip kesejahteraan masyarakat juga harus selalu diingat sebagai tujuan bersama. Analisis peran pekerja sosial ini juga sangat dibutuhkan demi keberlangsungan pelayanan dan pendampingan terhadap para pasien.
Fokus penelitian ini ialah 1) peran pekerja sosial dalam melakukan pendampingan psikologis terhadap pasien ODGJ di Liposos Jember. 2) faktor pendukung dan penghambat peran pekerja sosial dalam melakukan pendampingan psikologis terhadap pasien ODGJ di Liposos Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik mengecek keabsahan data dalam penelitian ini ialah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan perannya sebagai Pekerja Sosial di Lingkungan Jember, terdapat beberapa hal yang dilakukan dalam menangani ODGJ antara lain: 1) peran sebagai enabler (pemungkin), 2) peran sebagai broker (perantara), 3) peran sebagai educator (pendidik), dan Peran sebagai fasilitator. Adapun faktor pendukung dalam pendampingan psikologis terhadap ODGJ di Liposos Jember yaitu: 1) Komitmen Pekerja Sosial Masyarakat di lingkungan Pondok Sosial Jember, 2) Dukungan dari seluruh pihak, 3) Sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat kegiatan pendampingan ini adalah: 1) Latar belakang pasien ODGJ, 2) Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: FIRDAUZI AQIL PRATAMA AQIL
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:47
Last Modified: 28 Dec 2023 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30975

Actions (login required)

View Item View Item