MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUQADDIMATUL AKHLAK SILO JEMBER

Hasanah, Nabila (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUQADDIMATUL AKHLAK SILO JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
TESIS NEW WATERMARK FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasanah, Nabila, 2023. “Manajemen Sumber Daya Pendidik dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Sofyan Tsauri, M.M. Pembimbing II : Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.

Kata Kunci: manajemen sumber daya pendidik, profesionalisme guru.

Manajemen Sumber Daya Pendidik dalam mengembangkan Profesionalisme Guru merupakan sebuah proses penggunaan sumber daya manusia yang kompeten mulai dari rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan, serta pengembangan untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan dan guru yang profesional.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana rekruitmen dan seleksi sumber daya pendidik di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember? 2) Bagaimana penempatan sumber daya pendidik di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember? 3) Bagaimana pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember? Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan rekruitmen dan proses seleksi sumber daya pendidik di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penempatan sumber daya pendidik di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik di Madrasah Tsanawiyah Muqaddimatul Akhlak Silo Jember.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Jenis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi, penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive, sumber data berupa informan, kegiatan dan dokumen, analisis data menggunakan kondensasi data (Data condentation),Pemaparan data (Data display), penarikan dan verivikasi kesimpulan (Drawing and verifying conclution), Uji keabsahan data dengan mengguanakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan penggecekan anggota (Member Check).
Hasil penelitian ini meliputi: (1) Perekrutan sumber daya pendidik di MTs Muqaddimatul Akhlak Silo Jember dilakukan berdasarkan perencanaan yang dibuat berdasarkan analisis kebutuhan sumber daya pendidik yang kemudian dimusyawarahkan oleh yayasan dengan mengacu kepada kualifikasi, kompetensi, dan komitmen yang sudah disepakati bersama. Sedangkan seleksi dilakukan meliputi seleksi administrasi, tulis, dan kelayakan mengajar. (2) Penempatan sumber daya pendidik di MTs Muqaddimatul Akhlak Silo Jember dilakukan berdasarkan hasil rapat yayasan dengan mengacu pada kebutuhan, kompetensi, dan formasi yang dibutuhkan. (3) Pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik di MTs Muqaddimatul Akhlak Silo Jember yang bertujuan untuk profesionalitas dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan, bimtek, seminar baik oleh internal yayasan maupun atau instansi lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Nabila Hasanah
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:31
Last Modified: 27 Dec 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30976

Actions (login required)

View Item View Item