Analisis Strategi Pemasaran dalam mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada usaha Gudeg Lumintu Kabupaten Jember

hikmah, ubaidatul nurul (2023) Analisis Strategi Pemasaran dalam mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada usaha Gudeg Lumintu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ubaidatul Nurul Hikmah _ E20192044-Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi Pemasaran adalah serangkaian kegiatan perusahaan untuk menciptakan,mempertahankan produk yang dihasilkan. Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Setiap pengusaha harus memiliki strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah wujud kesetiaan konsumen pada produk atau jasa secara terus menerus, ksrens memiliki kepuasan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang digunakan.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha Gudeg Lumintu Kabupaten Jember?. 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pemasaran yang ada pada rumah makan Gudeg Lumintu?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. 2. Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung strategi pemasaran yang ada pada rumah makan Gudeg Lumintu.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Strategi yang digunakan Rumah makan Gudeg Lumintu untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah startegi produk, harga, promosi, dan tempat. 2. Faktor pendukung dalam penerapan strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah produk yang berkualitas dan faktor penghambat dalam penerapan strategi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan adalah pesaing.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Loyalitas pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ubaidatul Nurul Hikmah
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:51
Last Modified: 27 Dec 2023 04:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30977

Actions (login required)

View Item View Item