Pengembangan e-booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo untuk meningkatkan kognitif siswa kelas X SMA Pancasila Ambulu Jember tahun pelajaran 2023/2024.

Hoiroh, Dhommatul (2023) Pengembangan e-booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo untuk meningkatkan kognitif siswa kelas X SMA Pancasila Ambulu Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dhommatul Hoiroh T20198018.pdf

Download (19MB)

Abstract

Kata Kunci : E- Booklet keanekaragaman hayati, Inventarisasi Pohon Peneduh, Keanekaragaman Hayati.
Bahan ajar merupakan seperangkat alat pembelajaran, batasan-batasan, metode, serta mengevaluasi secara sistematis untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Trie Oktianingsih Nurtjahjani selaku guru biologi SMA Pancasila Ambulu,bahwa guru biologi dan peserta didik menggunakan bahan ajar berupa buku paket yang tersedia di perpustakaan dan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sedangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik sebanyak 87% mengatakan setuju jika terdapat variasi bahan ajar. Booklet menjadi pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Booklet merupakan sebuah media yang efektif dan efisien jika digunakan dalam pembelajaran, berisi berbagai informasi penting, disusun menggunakan bahasa yang baku, jelas, mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, berdasarkan hasil analisis karakteristik peserta didik sebanyak 96,7% setuju jika dikembangkan bahan ajar dengan konteks kehidupan nyata. Salah satu potensi yang dapat diangkat menjadi sumber materi keanekaragaman hayati ialah banyaknya variasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo Kec Ambulu Kab Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan produk pengembangan E-Booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo untuk meningkatkan kognitif siswa kelas X SMA Pancasila Ambulu Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan pengembangan E-Booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo untuk meningkatkan kognitif siswa kelas X SMA Pancasila Ambulu Jember tahun pelajaran 2023/2024. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan produk pengembangan E-Booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo untuk meningkatkan kognitif siswa kelas X SMA Pancasila Ambulu Jember tahun pelajaran 2023/2024
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pancasila Ambulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan e-booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 82,98%, kevalidan dari ahli media sebesar 92%, kevalidan dari ahli bahasa sebesar 91%, kevalidan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 86,66% dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 90,47%. (2) Hasil uji respon siswa terhadap e-booklet materi keanekaragaman hayati berdasarkan inventarisasi pohon peneduh di sepanjang Jalan Kopral Soetomo didapatkan nilai persentase sebesar 90%. Sehingga e-booklet dapat dikategorikan “ Sangat Praktis”.(3) Hasil uji nilai pretest dan posttest menggunakan uji t di peroleh nilai sig 0,61. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai sig>0,05. Maka dapat disimpulkan bahan ajar E-Booklet dikategorikan Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dhommatul Hoiroh
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:38
Last Modified: 27 Dec 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30988

Actions (login required)

View Item View Item