Penggunaan Game Talking Stick Untuk Mengurangi Tingkat Kejenuhan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas VIIF SMPN 01 Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Melly, Amalina S (2023) Penggunaan Game Talking Stick Untuk Mengurangi Tingkat Kejenuhan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas VIIF SMPN 01 Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MELLY AMALINA S._T20191177.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata Kunci: Game talking stick, Kejenuhan siswa dalam pembelajaran,
Game talking stick merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Yang dimana pembelajaran tersebut dilakukan dengan bantuan tongkat, dan siswa yang memegang tongkat terakhir wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru setelah siswa mempelajari materi pokok.
Kejenuhan sebagai kondisi emosional dimana seseorang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik sebagai akibat tuntutan pekerjaan yang meningkat. Secara etimologis kejenuhan berarti padat atau penuh, bisa juga berarti jemu atau bosan. Dalam belajar, di samping siswa mengalami kelupaan ia juga terkadang mengalami peristiwa negatif lainnya yang disebut jenuh belajar yang dalam bahasa psikologi lazim di sebut learning plateau.
Apakah penggunaan game talking stick dapat mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VIIF SMPN 01 Sukorambi Jember? Dari misi tersebut dapat dirumuskan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan penggunaan game talking stick untuk mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VIIF dengan menggunakan game talking stick di SMPN 01 Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode campuran. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIF yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kejenuhan siswa pada pra siklus yaitu 58%, pada hasil siklus I menunjukkan hasil 57,13%, pada siklus II menunjukkan hasil 57,50%, pada siklus III menunjukkan hasil 56,63%, dan 39,25% untuk hasil pada siklus IV. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan game talking stick pada pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dapat mengurangi tingkat kejenuhan siswa kelas VIIF SMPN 01 Sukorambi Jember tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms perpustakaan Melly Amalina S
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:56
Last Modified: 27 Dec 2023 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30989

Actions (login required)

View Item View Item