Peran Inkubator Bisnis Dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember Dalam Mengembangkan Wirausaha Baru

Aziz, Kamal (2023) Peran Inkubator Bisnis Dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember Dalam Mengembangkan Wirausaha Baru. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI KAMAL AZIZ WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kamal aziz, 2023: “Peran Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember Dalam Mengembangkan Wirausaha Baru.”

Kata Kunci: Peran Inkubator Bisnis, Wirausaha Baru.
Inkubator bisnis merupakan lembaga yang membantu wirausaha baru dalam memulai bisnis untuk meningkatkan prospek perkembangan dan daya tahan, sehingga kelak pelaku bisnis dapat bertahan di lingkungan bisnis yang nyata. Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember merupakan salah satu lembaga yang memberikan pendampingan kepada wirausaha baru.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Pusat Inkubator Binis dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember dalam mengembangkan wirausaha baru?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui peran Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Jember. 2) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pusat Inkubator Bisnis Negeri Jember dalam Mengembangkan wirausaha baru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) peran inkubator bisnis dalam mengembangkan wirausaha baru yaitu sebagai pendamping, mengelola keuangan, pendanaan, dan pemasaran. (2) Faktor pendukung inkubator bisnis dalam mengembangkan wirausaha baru yaitu (a) dukungan : infsastruktur, fasilitas, mentor (coach bussiness) dan pemerintah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (a) orang tua : kurangnya dukungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kamal Aziz
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:50
Last Modified: 27 Dec 2023 04:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30991

Actions (login required)

View Item View Item