Analisis Perkembangan Media Pembelajaran Al-Qur'an berbasis Teknologi Informasi dan Artificial Intelligence di Indonesia

Rahma, Afifah Aulia (2023) Analisis Perkembangan Media Pembelajaran Al-Qur'an berbasis Teknologi Informasi dan Artificial Intelligence di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afifah Aulia Rahma_204104010070.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2026.

Download (6MB)

Abstract

Kecenderungan masyarakat terhadap dunia digital menjadi perhatian bagi seorang pendidik untuk menciptakan inovasi media pembelajaran Al-Qur’an berbasis teknologi. Pada tahun 2016, Kementerian Agama mengembangakan aplikasi qur’an digital sebagai bentuk upaya agar masyarakat mudah mengakses pembelajaran Al-Qur’an. Kemudian, aplikasi pembelajaran Al-Qur’an semakin beragam dengan fitur-fitur lengkap seperti murattal Al-Qur’an hingga pendeteksi kesalahaan bacaan Al-Qur’an.
Maka fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana analisis pemetaan perkembangan media pembelajaran Al-Qur’an berbasis teknologi informasi dan AI di Indonesia sejak tahun 2016-2023? 2) Apa saja media pembelajaran Al-Qur’an berbasis teknologi informasi dan Artificial Intelligence di Indonesia sejak tahun 2016-2023? 3) Bagaimana pandangan Al-Qur’an terhadap perkembangan teknologi informasi dan Artificial Intelligence sebagai media pembelajaran Al-Qur’an?. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) karena semua sumber data yang dianalisa adalah dari bahan tertulis yakni jurnal karya ilmiah dan buku. Penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik yang merupakan studi literatur berdasarkan database perpustakaan Google Scholar. Fungsi analisis bibliometrik adalah mendapatkan catatan perkembangan suatu bidang ilmu pengetahuan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dari 11 data media pembelajaran, terdapat 6 media yang fokus untuk belajar membaca Al-Qur’an seperti qur’an digital dan game edukatif ilmu tajwid. 2) Pada setiap tahapan pembelajaran Al-Qur’an yakni membaca Al-Qur’an, memahami Al- Qur’an dan menghafal Al- Qur’an terdapat media pembelajaran yang akan membantu peserta didik atau seseorang yang akan mempelajari Al-Qur’an. 3) Allah memberi petunjuk kepada hamba-Nya pada wahyu yang pertama kali turun yakni surah Al-Alaq ayat 1-5. Dalam ayat ini Allah menjelaskan agar manusia senantiasa mensyukuri atas nikmat akal, karena dengannya manusia mampu memaksimalkan potensi akal dengan belajar dan melahirkan penemuan-penemuan baru untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Afifah Aulia Rahma
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:27
Last Modified: 27 Dec 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31001

Actions (login required)

View Item View Item