Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 5 Jember

Ms, Nurul (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
bismillah skripsi nurul new (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Ikhfatul Hasanah, 2023: Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan suatu program dari Kurikulum Merdeka sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendidikan karakter. Kepala sekolah berperan sangat penting dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, karena kepala sekolah sebagai penggerak bertanggung jawab untuk menggerakkan pendidik, peserta didik, dan tim fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam melaksanakan dan memperkuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kepala sekolah harus menjadi pemimpin yang berjiwa Pancasila.
Adapun fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 5 Jember? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 5 Jember?
Tujuan dari peneliti ini yakni: Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 5 Jember. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 5 Jember. Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 5 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melakukan perencanaan dengan membentuk tim fasilitator oleh kepala sekolah, dalam tingkat kesiapan mengadakan pembinaan sekaligus pemberian materi kegiatan In House Training (IHT), menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, dan menyusun modul projek. 2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yakni membangun komunikasi dan kolaborasi, mengembangkan komunitas praktis, melakukan coaching dan mengelola projek berpusat pada peserta didik. 3) Evaluasi strategi kepala sekolah dalam mewujudkan projek penguatan profil pelajar Pancasila yakni dengan melakukan pengawasan dengan melakukan kunjungan kelas pada saat kegiatan projek profil berlangsung. Bertujuan untuk mengetahui letak kekurangan serta untuk mengetahui tingkat ketercapaian dan kesesuaian projek profil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms Nurul Ikhfatul Hasanah
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:47
Last Modified: 27 Dec 2023 04:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item View Item