Pengaruh Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbatuan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang

Sa'diyah, Halimatus (2023) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbatuan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Halimatus Sadiyah_T201710072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Halimatus Sa’diyah, 2023: Pengaruh Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII.
Kata Kunci: Blended Learning, Media Youtube, Hasil Belajar, Cahaya
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran IPA di MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan menggunakan media pembelajaran hanya berupa modul materi dan LKS. Hal ini menyebabkan peserta didik cenderung pasif dan hanya ada beberapa yang aktif sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan dan inovasi dalam pembelajaram IPA untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning berbantuan media Youtube.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran Blended Learning berbantuan media Youtube terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Cahaya siswa kelas VIII MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan terhadap model pembelajaran Blended Learning berbantuan media Youtube pada materi Cahaya siswa kelas VIII MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan terdiri dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (kelas VIII A yang terdiri dari 27 siswa) dan kelompok kontrol (kelas VIII B yang terdiri dari 28 siswa). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh implementasi pembelajaran Blended Learning berbantuan media Youtube terhadap hasil belajar peserta didik pada materi cahaya kelas VIII siswa MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) Uji Man Whitney Test sebesar 0,022<0,05 yang berarti ditolak dan diterima, sehingga penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Post Test kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms. Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:55
Last Modified: 27 Dec 2023 04:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31004

Actions (login required)

View Item View Item