Pengaruh kepercayaan konsumen, kemudahan bertransaksi dan resiko dalam bertransaksi terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace shopee (Studi pada Mahasiswa angkatan 19 prodi Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Latifah, Latifah (2023) Pengaruh kepercayaan konsumen, kemudahan bertransaksi dan resiko dalam bertransaksi terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace shopee (Studi pada Mahasiswa angkatan 19 prodi Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LATIFAH (E20173095).pdf

Download (30MB)

Abstract

ABSTRAK

Latifah, Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si, CHRA 2023 : Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Bertransaksi Dan Resiko Dalam Bertransaksi Terhadap Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Marketplace Shopee” (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Kata Kunci : Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Bertransaksi, Resiko Bertransaksi, SIA, Minat

SIA adalah sekumpulan sumberdana dan daya (resourch), seperti orang dan peralatan yang dirancang untuk mentransformasi data keuangan dan data lainnya menjadi informasi. Informasi ini dikomunikasikan kepada para pengambil keputusan yang sangat beragam. Minat merupakan suatu keinginan yang kuat dan gairah kecenderungan hati yang sangat tinggi untuk mendapatkan sesuatu dengan cara pengorbanan, mendapatkan sesuatu dengan cara membayarkan uang. Minat untuk melakukan transaksi e-commerce yaitu konteks dimana konsumen mempunyai kesediaan untuk melakukan transaksi secara online.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengaruh Kepercayaan konsumen terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace shopee?. 2) Bagaimana pengaruh kemudahan bertransaksi terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace shopee?. 3) bagaimana pengaruh resiko bertransaksi terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace shopee?. 4) Apakah Kepercayaan konsumen , kemudahan bertransaksi dan resiko bertransaksi secara simultan berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace shopee?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, alat analisa data berupa Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linier berganda, Uji t, Uji F (Simultan), Uji Koefisien Determinan (R²) dengan Bantuan SPSS Statistik versi 29.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan secara persial terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace Shopee, 2) kemudahan bertransaksi berpengaruh signifikan secara persial terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace Shopee, 3) resiko dalam bertransaksi tidak berpengaruh signifikan secara persial terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace Shopee, 4) Kepercayaan konsumen, kemudahan bertransaksi dan resiko dalam bertransaksi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada marketplace Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Ms Latifah Latifah
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:22
Last Modified: 27 Dec 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31019

Actions (login required)

View Item View Item