RELEVANSI LIVING VALUE EDUCATION DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DAN AKTUALISASINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH WONOSARI KALIWATES JEMBER

Mastur, Mastur (2021) RELEVANSI LIVING VALUE EDUCATION DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DAN AKTUALISASINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH WONOSARI KALIWATES JEMBER. RELEVANSI LIVING VALUE EDUCATION DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DAN AKTUALISASINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH WONOSARI KALIWATES JEMBER, 7 (No. 1). pp. 138-156. ISSN 2442-8418

[img] Text
10-mastur-137-156 wm.pdf

Download (424kB)
Official URL: http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/a...

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan relevansiliving value education
dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual
santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. (2) Untuk
mendeskripsikan relevansiliving value eduction dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada
pendidikan akhlak tentang kesalehan individual santri di Pondok Pesantren Nurul
Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pondok
Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Penentuan informan
menggunakan teknik purposive: Teknik pengumpulan data: Wawancara, dokumentasi,
dan observasi. Adapun analisis data menggunakan Milles, Hubberman, dan Saldana
meliputi: Data Collection, data condensation, data display, dan data verification. Sedangkan
keabsahan data menggunakan tenik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Relevansi living value educationdalam kitab
Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual di Pondok
Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember, bahwa untuk menilai kasalehan
santri, itu bisa diketahui bahwa mereka melaksanakan sholat dhuha, tahajjud, membaca
alquran tanpa di suruh, dan santri menanam sayuran. (2) Relevansi living value education
dalam kitab Ta’lim dan Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan sosial
santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates, bahwa santri
dibiasakan selesai sholat mereka harus bersalaman dengan semuanya itu dalam rangka
supaya hubungan antar sesama itu bisa berjalan dengan baik. Dan adanya kegiatan
kajian kitab, muhadharah, tahlilan, istighosah bersama, memelihara ikan, merawat
teman yang sedang sakit, serta kegiatan al banjari yang dilaksanakan bersama- sama.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mastur Mastur
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:14
Last Modified: 06 Oct 2021 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item