Penggunaan Media Flash Card Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B Di TK Miftahul Ulum Sumberpinang Pakusari Jember

Revicha, Dwi Meylanda (2023) Penggunaan Media Flash Card Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B Di TK Miftahul Ulum Sumberpinang Pakusari Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WATERMARK_skripsi revicha.pdf

Download (2MB)

Abstract

Revicha Dwi Meylanda, 2019:“Penggunaan Media Flash Card Untuk
Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B Di TK Miftahul
Ulum Sumberpinang Pakusari Jember”
Kata Kunci : Media Flash Card, Perkembangan Bahasa
Permainan flash card dapat merangsang anak agar lebih cepat mengenal
huruf, membuat minat anak semakin kuat menguasai konsep serta merangsang
kemampuan anak dan ingatan anak. Dalam permainan flash card selain mengenal
huruf dan kata-kata lebih cepat anak juga dapat bereksplorasi menggunakan kartukartu tersebut, sehingga akan merangsang berbagai aspek yang ada pada diri anak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana perencanaan
penggunaan media flash card untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada
anak kelompok B di TK Miftahul Ulum Sumberpinang Pakusari Jember ? 2)
Bagaimana pelaksanaan penggunaan media flash card untuk mengembangkan
kemampuan bahasa pada anak kelompok B di TK Miftahul Ulum sumberpinang
Pakusari Jember ? 3) Bagaimana refleksi penggunaan media flash card untuk
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B di TK Miftahul
Ulum Sumberpinang Pakusari Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
penggunaan media flash card untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada
anak kelompok B di TK Miftahul Ulum Sumberpinang Pakusari Jember. 2) Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media flash card untuk
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B di TK Miftahul
Ulum Sumberpinang Pakusari Jember. 3) Untuk mendeskripsikan refleksi
penggunaan media flash card untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada
anak kelompok B di TK Miftahul Ulum Sumberpinang Pakusari Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara,
observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini
menggunakan kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini pada 1. Perencanaan penggunaan media flash card
untuk mengembangkan kemampuan bahasa yaitu: a. menentukan Rencana
Pelaksanaan pembelajaran Harian (RPPH), b. menyiapkan media flash card, c.
menentukan materi pembelajaran. Pada 2. Pelaksanaan penggunaan media flash
card untuk mengembangkan kemampuan bahasa yaitu: a. pengenalan media flash
card, b. mengenal nama-nama binatang dengan menggunakan media flash card, c.
menirukan suara binatang, d. mewarnai gambar angsa. Pada 3. Refleksi
penggunaan media flash card untuk mengembangkan kemampuan bahasa yaitu
dengan 1. penguatan pengetahuan yang di dapat oleh anak, 2. anak dapat
menyimak perkataan gurunya .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Revicha Dwi Meylanda
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:47
Last Modified: 27 Dec 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31029

Actions (login required)

View Item View Item