Peran Industri Tape Dalam Ekonomi Masyarakat Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso

Zainuri, Idkholus Surur (2023) Peran Industri Tape Dalam Ekonomi Masyarakat Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dokumen dari ‏‏‎.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Industri Tape, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat

Produk industri yang fenomenal yang sudah berkembang di Indonesia salah satunya produk industri tape. Tape sebenarnya hampir merata diberbagai daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Namun demikian, sebagian orang cenderung menyukai produk tape dari Jawa Timur khususnya di Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso yang memiliki beberapa produsen tape singkong dengan skala relatif besar.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Pengelolaan Industri Tape di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso? 2. Bagaimana peran Industri Tape dalam ekonomi Masyarakat Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui Pengelolaan Industri Tape di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, 2. Mengetahui Peran Industri Tape dalam ekonomi Masyarakat Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil empat orang responden yang terdiri dari Kepala Desa Wringin dan pemilik industri tape terkait. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil temuan penelitian ini adalah industri tape di Desa Wringin berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Wringin karena Mengorganisir masyarakat memiliki usaha yang homogen, mengurangi angka penganguran dan meningkatkan perekonomian desa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. industri tape di Desa Wringin sudah menerapkan manajemen tata kelola usaha yang baik sesuai dengan landasan teori meskipun prinsip akuntabilitas masih belum dilaksanakan dengan baik dikarenakan bahwa pemiliknya mudah untuk mengingat dan prinsip responbilitas tidak ada temuan sama sekali, 2. Peran industri tape di Desa Wringin diakui oleh kepala Desa sangat berperan bagi masyarakat sekitar. oleh karena itu pemerintah desa melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan kualitas industri tape di Desa Wringin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Idkholus Surur Zainuri
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:55
Last Modified: 27 Dec 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31030

Actions (login required)

View Item View Item